Viral Shin Tae-yong Tolak Salaman dengan Ofisial Bahrain, Kecewa Berat dengan Wasit

Viral Shin Tae-yong Tolak Salaman dengan Ofisial Bahrain, Kecewa Berat dengan Wasit

Berita Utama | inews | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 17:06
share

RIFFA, iNews.id - Viral Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menolak berjabat tangan dengan ofisial Bahrain saat sesi konferensi pers pascalaga. Juru taktik Korea Selatan itu tampak sangat sakit hati dengan keputusan wasit. 

Timnas Indonesia harus puas bermain imbang 2-2 saat melawan Bahrain dalam matchday ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis (10/10/2024) malam WIB. Hasil yang cukup disayangkan lantaran skuad Garuda sejatinya bisa saja mengunci poin penuh.

Pasalnya, Skuad Garuda mampu membalikan keadaan lewat gol Ragnar Oratmangoen (45+3’) dan Rafael Struick (74’) setelah sempat tertinggal lewat gol Mohamed Marhoon (15’). Tapi kemenangan yang ada di depan mata itu sirna karena Bahrain mampu menyamakan kedudukan lewat Mahroon lagi di menit 90+9.

Gol penyama kedudukan itu sangat kontroversial. Sebab, wasit Ahmed Al Kaf asal Oman selaku pengadil lapangan hanya memberikan tambahan waktu enam menit. Namun dia tak kunjung meniup peluit tanda berakhirnya laga setelah enam menit terlewati dan akhirnya Bahrain mampu menyamakan kedudukan lewat situasi sepak pojok.

Shin Tae-yong sebenarnya mengakui kalau Timnas Indonesia dan Bahrain menyajikan permainan yang bagus dengan intensitas tinggi. Sayangnya, harus dinodai dengan keputusan wasit yang menurutnya memalukan.

“Timnas Indonesia dan Bahrain, kedua tim ini, telah melakukan yang terbaik sampai wasit meniup peluit di menit terakhir,” kata Shin Tae-yong, dilansir kanal Youtube PSSI, Jumat (11/10/2024).

“Tetapi saya harus menyebutkan sesuatu yang memalukan. Dalam hal ini terkait keputusan wasit,” sambungnya.

Mantan Pelatih Timnas Korea Selatan itu turut menyenggol Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Shin Tae-yong menyampaikan, kualitas wasit harus diperbaiki jika ingin AFC berkembang.

“Jadi, jika AFC ingin berkembang, keputusan wasit juga harus diperbaiki,” tegas Shin Tae-yong.

Usai sesi konferensi pers, ofisial Bahrain menjak Shin Tae-yong bersalaman. Namun Coach STY menarik tangannya dan berlalu begitu saja.

Momen ini yang viral di media sosial.  Terlepas dari itu, Timnas Indonesia turun ke posisi lima klasemen Grup C dengan koleksi tiga poin.

Bahrain di posisi empat dengan empat poin, lalu Arab Saudi di posisi tiga dengan empat poin, Australia juga punya poin yang sama dan duduk di posisi dua. Kemudian Jepang memimpin dengan sembilan poin. Sementara China jadi juru kunci dengan nol poin.

Selanjutnya, Skuad Garuda melawan China di Qingdao Youth Football Stadium pada Selasa (15/10/2024). Skuad Garuda diharapkan bisa meraih poin penuh guna menjaga asa lolos ke Piala Dunia 2026. Selain itu, laga tersebut juga bisa dijadikan pelipur lara pertandingan melawan Bahrain. 

Topik Menarik