Organda Gelar Mukernas III, Bahas Program Kepedulian Kendaraan hingga Ketersediaan BBM

Organda Gelar Mukernas III, Bahas Program Kepedulian Kendaraan hingga Ketersediaan BBM

Ekonomi | inews | Rabu, 9 Oktober 2024 - 08:54
share

SOLO, iNews.id - Organisasi Angkutan Darat (Organda) menggelar Musyawarah Kerja Nasional (MUKERNAS) III Periode 2021-2026 di Alila Hotel, Solo, Jawa Tengah. Acara yang mengusung tema Semangat Keselamatan Angkutan Jalan untuk Indonesia Maju ini berlangsung dari 8 hingga 10 Oktober 2024.

Menurut Ketua Umum Organda, Bapak Adrianto Djokosoetono, adatiga program utama yang akan digagas dalam acara ini. Pertama adalah program kepedulian terhadap kendaraan, dilanjutkan dengan program ketersediaan BBM, dan program tentang inovasi pelayanan terhadap penumpang dan barang. 

“Jadi itu tiga topik utama yang akan dibicarakan,” ujarnya saat diwawancarai setelah acara pembukaan. 

Terkait program Keselematan di Jalan Menuju Indonesia Maju 2045, Adrianto mengungkapan sarana dan prasarana yang meliputi kondisi kendaraan dan jalan ditambah kualitas pengguna jalan adalah faktor-faktor yang mempengaruhi keselamatan di jalan. Tercatat, hingga Oktober 2028 tercatat masih tingginya angka kecelakaan yang mencapai 30.000 per tahun.

“Faktor pengguna jalan sering diabaikan. Kalau dilihat kecelakaan yang terlibat mayoritas adalah motor bisa jadi karena kendaraan salah satu saling mengabaikan. Ini faktor menyadarkan bahwa bukan hanya kita yang harus berkendara dengan baik tapi kita yang harus waspada dengan pengguna jalan yang lain,” tuturnya.

Adrianto menegaskan, pihaknya bersama KNKT, BPJS dan UGM sedang melakukan penelitian agar kendaraan umum terutama kendaraan berat mendapatkan pelayanan gratis secara berkala. Organda juga akan mendukung wacana energi baru terbarukan (EBT) dan penerapan kendaraan listrik (BEV) serta CNG, meskipun upaya dekarbonisasi masih memerlukan pendekatan yang sistematis dan berkelanjutan. 

“Organda juga mengajak seluruh anggota untuk berbenah dan meningkatkan mutu sumber daya manusia dalam industri angkutan,” ucap dia. 

Ketua Umum DPP Organda Adrianto Djokosoetono mengatakan, melalui kegiatan ini, Mukernas III ORGANDA 2024 berupaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi semua pengguna jalan, serta mendorong semua pihak untuk berperan aktif dalam menjaga keselamatan angkutan jalan demi kemajuan Indonesia.

Dengan berbagai inisiatif dan diskusi yang berlangsung selama Mukernas III ini, diharapkan tema ‘Semangat Keselamatan Angkutan Jalan untuk Indonesia Maju’ dapat menginspirasi perubahan positif dalam perilaku pengguna jalan serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan dalam setiap aspek transportasi di Indonesia.

Sementara itu, turut hadir sejumlah tokoh penting, seperti Dirjen Perhubungan Darat Irjen Pol. Risyapudin Nursin, Direktur Penegakan Hukum Korlantas POLRI, Brigjen Pol Raden Slamet Santoso, PJS Walikota Solo Dr Dhoni Widianto, Sri Susuhunan Pakubuwana XIII, Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Sonny Irawan dan Sekreataris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno. 
Kemudian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melalui video tapping menyatakan apreasiasinya kepada Organda atas upaya dan dukungan terhadap program pemerintah dalam mewujudkan angkutan jalan yang berkeselamatan. 

Budi menjelaskan, Kementerian Perhubungan berupaya mewujudkannya melalui kreasi, inovasi, berkolaborasi bersama dengan stakeholder, akademisi, pakar transportasi dan Organda yang menjadi satu-satunya organisasi angkutan bermotor di jalan.

“Angkutan umum yang berkeselamatan menjadi perhatian utama, oleh karana itu Kementerian Perhubungan berupaya mewujudkannya melalui kreasi, inovasi, berkolaborasi bersama dengan stakeholder, akademisi, pakar transportasi dan Organda yang menjadi satu-satunya organisasi angkutan bermotor di jalan yang memiliki peran penting dalam roda kelancaran perekonomian bangsa,” ujar Budi.

Topik Menarik