Investasi di IKN Baru Capai Rp58,4 Triliun, Jokowi: Kan yang Masuk Harus Diseleksi

Investasi di IKN Baru Capai Rp58,4 Triliun, Jokowi: Kan yang Masuk Harus Diseleksi

Ekonomi | inews | Selasa, 8 Oktober 2024 - 17:55
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara mengenai realisasi investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang baru mencapai Rp58,4 triliun. Angka ini masih jauh dari target yang ditetapkan sebesar Rp100 triliun. 

"Memang benar baru Rp58 triliun, tapi angkanya udah gede banget, duit gede loh Rp58 triliun," ucap Jokowi dalam acara BNI Investor Daily Summit 2024 di Jakarta, Selasa (8/10/2024). 

Kepala Negara mengaku optimistis target investasi di IKN akan dapat tercapai pada 2024. Meski begitu, pemerintah memang menyeleksi dan melihat keseriusan investor yang ingin berinvestasi di IKN. 

"Ya harus tetap optimis lah, kan yang masuk banyaknya itu harus diseleksi, serius ndak? Kalau serius baru diberi peluang," tuturnya.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi telah menggelar peletakan batu pertama atau grounbreaking proyek swasta di IKN ke-8 pada Rabu (25/9/2024) lalu. Kala itu, groundbreaking melibatkan satu investor asing murni, dua kemitraan asing, dan dua investor domestik dengan total investasi yang mengalir hingga Rp1,075 triliun. 

Adapun investasi swasta luar negeri masuk pertama kali melalui sektor mixed use, yaitu Delonix Bravo Investment dari China yang akan membangun hotel, apartemen, kantor, dan pusat perbelanjaan.

Sementara, dua perusahaan dalam negeri yang memeriahkan groundbreaking ini di antaranya Primahotel Manajemen Indonesia yang akan membangun hotel bintang 3 dan PT Plataran Boga Rasa yang akan membangun venue.

Sedangkan dua perusahaan yang bermitra dengan internasional, yakni Australia Independent School yang akan membangun sekolah internasional dari jenjang PAUD hingga SMA, dan PT Magnum Investment Nusantara yang akan membangun kawasan hunian & komersial.

Peletakan batu pertama ke-8 sektor swasta ini melanjutkan rangkaian pembangunan yang sebelumnya telah mencapai tahap ke-7.

Topik Menarik