Begini Cara Ciputra Group Tanamkan Core Value ke Karyawan demi Kelangsungan Bisnis

Begini Cara Ciputra Group Tanamkan Core Value ke Karyawan demi Kelangsungan Bisnis

Ekonomi | inews | Senin, 7 Oktober 2024 - 23:04
share

JAKARTA, iNews.id - Ciputra Group memiliki prinsip 'Mencipta Kota, Merajut Kehidupan' yang didasarkan pada tiga nilai, yaitu Integritas, Profesionalisme dan Entrepreneurship. Hal ini menjamin pembangunan berkelanjutan bagi masyarakat sekitar dan berkontribusi untuk kemajuan bangsa.

Direktur Utama PT Temas Tbk (TMAS) Faty Khusumo dalam kesempatan ini bertanya kepada pimpinan Ciputra Group tentang bagaimana perusahaan besar bisa menjaga bisnis agar tetap berjalan baik secara suksesi ke depan dan bisa memiliki core value integritas dan melatih regenerasi.

Managing Director of Ciputra Group Budiarsa Sastrawinata menjawab dengan cara Ciputra menanamkan core value sejak hari pertama orang itu bekerja sehingga memudahkan untuk dicerna dan dijalankan insan Ciputra Group.

"Kalau mengenai mentransfer itu dalam bentuk succession di keluarga, saya rasa lebih mudah, karena di keluarga waktu untuk bersama, berdiskusi itu lebih banyak, itu yang sudah dikaji dari kita generasi kedua dan sudah disampaikan ke generasi ketiga. Mungkin itu lebih mudah, tapi menyampaikan ke karyawan suatu challenge tersendiri tapi sudah kita lakukan sejak orang itu masuk menjadi karyawan," kata Budiarsa dalam seminar Universitas Tarumanegara di Jakarta, Senin (7/10/2024).

Selain itu, Budiarsa menilai core value tersebut sudah diberikan ke seluruh karyawan, termasuk regenerasi guna menuju target Ciputra untuk memberikan kepuasan pelanggan.

"Kesuksesan kita (Ciputra) memang dari kepuasan pelanggan," tutur dia.

Menurut presentasi Budiarsa, integritas dari Ciputra Group berlandaskan pada dasarnya memang sudah keluarga besar sehingga tidak mencari keuntungan dengan partner atau rekan kerja sama.

"Sehingga kenapa kita juga menghargai, berpartner dengan kita itu istilahnya nyaman, kenapa kita begitu bisa mendapatkan partner, grup kita bisa begitu banyak proyek tapi hasil kerja sama," ujar Budiarsa.

Dengan adanya kepuasan konsumen, Budiarsa optimistis bisnis keluarga juga bisa berjalan lancar karena memang memperlakukan partner layaknya keluarga. Sebagai informasi, Budiarsa Sastrawinata merupakan Managing Director Ciputra Group dan FIABCI World President (2023-2024) yang menjadi pembicara di seminar Universitas Tarumanegara dengan moderator Managing Partner of Helios Capital Hadi Cahyadi.

Budiarsa menjadi pembicara utama bersama Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Jahja Setiaatmadja dan Presiden Direktur PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo di Auditorium 2 FI, Gedung B, Universitas Tarumanagara Jakarta.

Seminar ini mengusung tema “Integritas di Inti: Membangun Kepercayaan di Berbagai Industri,” yang menghadirkan para pemimpin terkemuka dari bisnis keluarga dan BUMN terbaik di Indonesia tentang membangun budaya etis dalam organisasi dan menerapkan praktik transparan yang mendorong kesuksesan berkelanjutan.

Topik Menarik