Program 3 Juta Rumah Prabowo bakal Dibangun Kontraktor Lokal, Pengembang Besar Haram Ikutan

Program 3 Juta Rumah Prabowo bakal Dibangun Kontraktor Lokal, Pengembang Besar Haram Ikutan

Ekonomi | inews | Senin, 7 Oktober 2024 - 20:46
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Ketua Satgas Perumahan Presiden terpilih Prabowo, Hashim Djojohadikusumo mengatakan pembangunan program 3 juta rumah sebagian akan dikerjakan kontraktor lokal. 

Para pengembang besar tidak diperkenankan untuk ikutan. Hashim menjelaskan lewat program tersebut, nantinya ada 2 juta rumah akan dikerjakan di pedesaan, lalu 1 juta unit rumah akan dikerjakan di luar pedesaan. 

Khusus proyek 2 juta, pekerjaanya akan dilimpahkan kepada BUMDES, atau UMKM Lokal, dan 1 juta unit lainnya, baru menjadi porsi pengembang besar.

"Arahan Pak Prabowo pembangunan 2 juta rumah di pedesaan itu reserved hanya untuk UMKM, Koperasi dan BUMDES. Tidak boleh perusahan Pak Fofo ikut atau John Riady ikut, saya juga tidak boleh, itu untuk UMKM, ini affirmative action, mohon dukungan," kata dia di Menara Kadin, Senin (7/10/2024).

Menurut Hashim, hal ini diambil dengan harapan memberikan nilai tambah kepada kepada pelaku usaha yang ada di desa. Dengan begitu, anggaran yang digelontorkan pemerintah bisa menciptakan perputaran ekonomi yang ada di daerah.

"Ini kita bangun 2 juta rumah untuk UMKM, kan uangnya beredar di pedesaan, uangnya tidak akan lari ke luar negeri, cuannya kalian dapat, UMKM akan nanti berkumpul di pedesaan, cuannya tidak dibawa ke luar negeri," tutur dia.

Terkait tantangan permodalan, kata Hashim, jika kontraktor lokal mengalami kendala maka perbankan akan membantu merealisasikan program 3 juta rumah tersebut. Harapan, masalah pembiayaan tidak menjadi masalah besar untuk mewujudkan cita-cita ini.

"Regulasinya kami sudah beri tau ke Direksi BTN, saya sudah ketemu pak Nixon 4-5 kali, beliau termasuk Satgas, Direksi SMF, Perumnas saya sudah bertemu," ucap Hashim.

Sedangkan para pengembang besar, menurut Hashim masih bisa mendapatkan kue pembangunan lewat pembangunan 1 juta unit apartemen, yang menjadi bagian dari program 3 juta rumah Prabowo tahun depan.

"Nanti yang 1 jt unit apartemen itu boleh (kontraktor) yang besar-besar, tapi pasti ada kawan-kawan kadin yang punya (bisnis properti), boleh ikut 1 jt per tahun," ujar Hashim

Topik Menarik