Dievakuasi dari Lebanon, 20 WNI Kembali Tiba di Bandara Soetta

Dievakuasi dari Lebanon, 20 WNI Kembali Tiba di Bandara Soetta

Terkini | inews | Senin, 7 Oktober 2024 - 18:47
share

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 20 warga negara Indonesia (WNI) kembali tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, Senin (7/10/2024) sore ini. Mereka dievakuasi dari Lebanon akibat konflik yang semakin memanas di Timur Tengah.

Mereka tergabung dalam penerbangan kedua dari Lebanon hari ini. Pada pagi tadi, 20 WNI juga sudah tiba di Tanah Air.

“Alhamdulillah pada sore ini penerbangan kedua evakuasi dari Lebanon WNI telah selamat sampai ke Indonesia. Pada penerbangan kedua ini total ada 20 WNI,” kata Direktur Perlindungan WNI Kemlu Judha Nugraha di Bandara Soetta, Tangerang.

Judha merinci, para WNI itu terdiri atas orang dewasa dan anak-anak. Proses evakuasi terhadap WNI ini dilakukan melalui jalur darat mulai dari Beirut hingga akhirnya diterbangkan ke Indonesia.

“Ini merupakan bagian dari proses evakuasi WNI melalui jalur darat yang kompleks dan panjang dari Beirut menuju Damaskus, kemudian ke Yaman dan kita terbangkan ke Indonesia,” ujar dia.

Setidaknya masih ada 116 WNI yang memutuskan untuk tinggal di Lebanon dengan alasan pribadi. Kemlu mengimbau kepada seluruh WNI untuk segera keluar dari negara tersebut.

“Kami sangat-sangat mengimbau agar dapat ikut evakuasi, jangan menunggu situasi menjadi semakin chaos. Karena kalau terjadi perang terbuka sampai wilayah Beirut tentu akan mempengaruhi kemampuan KBRI Beirut dalam melakukan langkah-langkah penyelematan,” kata dia.

Sebelumnya, Kemlu telah mengevakuasi WNI dari Lebanon dalam lima gelombang sejak Agustus 2024 lalu. Total sebanyak 65 WNI sudah dievakuasi.

Topik Menarik