Jelang Debat Perdana Pilkada Jakarta, 1.634 Personel Bersiaga Amankan JIExpo

Jelang Debat Perdana Pilkada Jakarta, 1.634 Personel Bersiaga Amankan JIExpo

Terkini | inews | Minggu, 6 Oktober 2024 - 17:26
share

JAKARTA, iNews.id – Polres Metro Jakarta Pusat telah menyiagakan 1.634 personel gabungan untuk mengamankan debat perdana Pilkada Jakarta. Debat akan berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo), Minggu (6/10/2024). 

Personel keamanan ini berasal dari Polda Metro Jaya dan jajaran Polres Metro Jakarta Pusat, yang akan bertugas di dalam dan luar area debat.

“Sebanyak 1.634 personel gabungan siap melaksanakan pengamanan,” ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro.

Susatyo menjelaskan setiap pasangan calon (paslon) hanya diizinkan membawa 110 pendukung resmi ke dalam acara. Namun, mengantisipasi lonjakan jumlah pendukung yang bisa mencapai ratusan orang, petugas telah bersiap dengan pengamanan ekstra.

“Undangan hanya 110 orang per paslon, tetapi kemarin jumlah pendukung bisa mencapai 500-600 orang dari masing-masing kubu. Kami menyiapkan pasukan khusus per paslon untuk mencegah gesekan antar massa,” katanya.

Selain itu, kepolisian juga telah menetapkan rute khusus bagi masing-masing paslon untuk memastikan kedatangan tepat waktu dan menghindari gangguan dalam pelaksanaan acara. Setiap paslon akan didampingi petugas pengawal dari kepolisian.

“Kami sudah koordinasikan rute dan pintu masuk masing-masing paslon agar semuanya berjalan lancar dan sesuai jadwal,” tutur Susatyo. 

Calon Gubernur Jakarta Nomor Urut 1, Ridwan Kamil sebelumnya optimistis bisa menguasai debat perdana Pilgub Jakarta.

"Ya, itu mah harus optimistis. Kalau nggak optimistis, masa jadi pemimpin," katanya di Posko Gerakan Muda Jakarta, Jakarta Utara, Minggu (6/10/2024).

RK yakin bisa menguasai debat karena dirinya memiliki pengalaman panjang sebagai kepala daerah, mulai dari Wali Kota Bandung hingga Gubernur Jawa Barat.

Dia juga telah berlatih debat bersama pendampingnya, Suswono. Dia berharap, pelaksanaan debat bisa berlangsung dengan ramai dan hangat.

Topik Menarik