Menpora Dito Optimistis Futsal Indonesia Makin Mendunia

Menpora Dito Optimistis Futsal Indonesia Makin Mendunia

Olahraga | inews | Kamis, 3 Oktober 2024 - 20:12
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo optimistis futsal Indonesia semakin mendunia. Hal itu disampaikannya dalam Kongres Luar Biasa (KLB) Federasi Futsal Indonesia (FFI) 2024.

Gelaran KLB FFI 2024 dihelat di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta Pusat pada 2-4 Oktober 2024. Dito hadir bersama Ketua Umum PSSI, Erick Thohir pada hari kedua kongres atau tepatnya Kamis (3/10/2024). 

Dalam sambutannya, Dito menilai semangat juang memajukan futsal Indonesia sangat tinggi. Dia meyakini, jika semangat ini dijaga, bukan tidak mungkin futsal Indonesia akan semakin dikenal oleh dunia. 

"Saya yakin, dengan semangat juang yang kita miliki, Indonesia bisa mengukir sejarah dan menempatkan namanya sejajar dengan negara-negara besar futsal dunia," kata Dito dalam sambutannya, Kamis (3/10/2024). 

Saat ini, Timnas Futsal putra Indonesia berada di peringkat 28 dunia. Sedangkan untuk putri, berada di peringkat 14 dunia. Dito menyatakan, ini tidak terlepas dari peran FFI yang dipimpin oleh Hary Tanoesoedibjo sejak dibentuk pada 2014.

"Dengan posisi ini, peluang untuk masuk ke Piala Dunia Futsal sangat terbuka lebar. Kita hanya perlu meningkatkan kinerja dan konsistensi dalam pembinaan, serta menciptakan iklim kompetitif yang mendorong para atlet kita tampil di level tertinggi," tutur Dito. 

Sementara itu, acara kongres ini menetapkan Michael Victor Sianipar menjadi ketua umum FFI baru, menggantikan Hary Tanoesoedibjo. Michael akan menjabat selama periode 2024-2028. 

Dia terpilih dengan status calon tunggal yang mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk PSSI. Michael sebelumnya sempat menjabat Plt Sekretaris Jenderal, dan Sekretaris Jenderal FFI. 

Topik Menarik