Ngeri! 5 Buaya Besar Kabur dari Penangkaran, 1 Masuk Pemukiman Warga di Cianjur

Ngeri! 5 Buaya Besar Kabur dari Penangkaran, 1 Masuk Pemukiman Warga di Cianjur

Terkini | inews | Kamis, 3 Oktober 2024 - 15:38
share

CIANJUR, iNews.id - Sejumlah buaya berukuran besar kabur dari tempat penangkaran di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Bahkan ada satu buaya berkururan besar yang sampai masuk ke perkampungan warga di Kampung Gunung Calung, Kamis (3/10/2024).

Informasi diperoleh iNews, kaburnya buaya ini akibat jebolnya tembok penangkaran setelah diguyur hujan deras di wilayah Cianjur, Rabu (2/10/2024) malam. Dengan cepat buaya tersebut diamankan warga dan petugas gabungan.

"Ada lima yang kabur, satu di antaranya sudah masuk ke permukiman warga dan yang empat lainnya masih di sekitar penangkaran. Itu sudah diamankan semuanya," ujar Camat Cianjur Tomtom Dani Gardiat, Kamis (3/10/2024).

Menurutnya, buaya tersebut merupakan milik Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah Bogor namun dititipkan di tempat penangkaran tersebut.

"Total buayanya berdasarkan data dari BKSDA ada 80 ekor. Nah yang kabur sementara itu sudah ada lima yang berhasil ditangkap kembali," katanya.

Saat ini tim khusus masih menyisir permukiman warga dan sungai yang berada di lokasi penangkaran. Hal ini untuk memastikan ada atau tidak adanya buaya yang berkeliaran.

"Masih ada yang menyisir dan saya imbau untuk warga untuk hati-hati serta segera melapor kalau ada info buaya ke pihak terkait," ucapnya.

Topik Menarik