Angin Puting Beliung Terjang Kabandungan Sukabumi, 30 Rumah Warga Rusak

Angin Puting Beliung Terjang Kabandungan Sukabumi, 30 Rumah Warga Rusak

Terkini | inews | Kamis, 3 Oktober 2024 - 09:57
share

SUKABUMI, iNews.id - Bencana angin puting beliung menerjang beberapa wilayah di Dusun Cisarua, Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (2/10/2024). Akibat kejadian ini 30 rumah warga rusak. 

Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna mengatakan, dari 30 rumah warga yang rusak perinciannya, 10 rumah rusak sedang dan 20 rusak ringan. Selain itu dua fasilitas umum, yakni Masjid Jami Miftahul Falah dan Musala Al-Huda terdampak kerusakan.

"Wilayah terdampak puting beliung di antaranya Kampung Cipeuteuy RT 2/3, Kampung Cisarua RT 6/6, Kampung Cisarua RT 4/5, Kampung Cisarua RT 5/6 dan Kampung Cisarua RT 7/6," ujar Daeng, Kamis (3/10/2024). 

Dia memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun ada 110 jiwa dari 30 kepala keluarga (KK) terdampak. Dari jumlah tersebut, 10 KK dengan total 34 jiwa terpaksa mengungsi sementara ke tempat saudara terdekat karena kondisi rumah mereka tidak layak huni.

"Kami bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini namun banyak rumah mengalami kerusakan. Beberapa warga juga harus mengungsi sementara," katanya.

Menurutnya saat ini BPBD Kabupaten Sukabumi telah berkoordinasi untuk penanganan bencana dan bantuan yang dibutuhkan oleh warga terdampak. Beberapa kebutuhan mendesak yang diidentifikasi antara lain 40 unit terpal, 30 paket bantuan sembako, 60 unit tenda gulung serta peralatan dapur untuk 30 keluarga.

Selain itu, material bangunan seperti kayu, kaso, asbes/genteng, paku dan tripleks juga dibutuhkan untuk memperbaiki rumah-rumah warga yang rusak.

"Kami berharap bantuan segera tiba untuk membantu warga yang rumahnya rusak dan memberikan perlindungan sementara bagi mereka yang harus mengungsi," ujarnya.

Topik Menarik