Abcandra Anak Menkumham Terpilih Jadi Wakil Ketua MPR Unsur DPD

Abcandra Anak Menkumham Terpilih Jadi Wakil Ketua MPR Unsur DPD

Terkini | inews | Kamis, 3 Oktober 2024 - 06:49
share

JAKARTA, iNews.id - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Abcandra Muhammad Akbar Supratman terpilih menjadi Wakil Ketua MPR dari unsur DPD. Putra sulung Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Supratman Andi Agtas itu terpilih lewat hasil pemungutan suara atau voting.

Diketahui, dari delapan pimpinan MPR periode 2024-2029, satu merupakan perwakilan dari DPD.

Pada putaran pertama, Abcandra Akbar unggul atas lima calon lainnya dengan memperoleh 45 suara. Sementara, Fadel Muhammad memperoleh 38 suara, Daud Yordan 29 suara, Agustin Teras Narang 17 suara, AA Ahmad Nawardi memperoleh 13 suara dan Maya Rumantir 1 suara.

Kemudian, Abcandra Akbar dan Fadel Muhammad dinyatakan melaju ke putaran kedua. Hasilnya, Abchandra kembali unggul atas Fadel yang merupakan Wakil Ketua MPR periode 2019-2024 tersebut.

Abcandra memperoleh suara sebanyak 93 dan Fadel memperoleh 50 suara. Terdapat satu suara yang dinyatakan tidak sah.

"Dengan demikian, yang suara terbanyak dan dinyatakan terpilih untuk mewakili DPD di MPR RI sebagai Wakil Ketua MPR RI adalah Abcandra Akbar," kata Wakil Ketua DPD, Tamsil Linrung selaku pimpinan rapat, Kamis (3/10/2024) dini hari.

Sementara itu, politikus Partai Gerindra Ahmad Muzani telah disepakati menjadi Ketua MPR periode 2024-2029. Muzani akan dilantik menjadi Ketua MPR, Kamis (3/10/2024) hari ini.

Kesepakatan sebelumnya tercapai dalam rapat gabungan fraksi partai politik dan unsur kelompok DPD pada Rabu (2/10/2024) malam.

Ketua Fraksi PDIP di MPR Ahmad Basarah menuturkan, penunjukan Muzani tersebut disepakati secara musyawarah mufakat.

"Telah disepakati dalam rapat gabungan ini, adalah calon yang diusulkan dari Fraksi Partai Gerindra, namanya adalah sahabat saya kolega saya di pimpinan MPR periode yang kemarin, namanya Bapak H Ahmad Muzani," kata Basarah di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Topik Menarik