Ahmad Muzani Dilantik Jadi Ketua MPR di Rapat Paripurna Besok

Ahmad Muzani Dilantik Jadi Ketua MPR di Rapat Paripurna Besok

Terkini | inews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 22:33
share

JAKARTA, iNews.id - Ahmad Muzani disepakati menjadi ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2024-2029. Pelantikan dilakukan saat rapat paripurna MPR pada Kamis (3/10/2024).

"Dengan demikian, rapat paripurna tanggal 3 Oktober 2024 pukul 10 pagi," kata Ketua Fraksi PDIP Ahmad Basarah di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Dia mengatakan komposisi pimpinan MPR periode 2024-2029 juga akan disampaikan dalam rapat paripurna itu. Pelantikan akan dipandu Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin.

"Besok tinggal menetapkan susunan pimpinan MPR yang baru yang dipimpin oleh H Ahmad Muzani didampingi oleh delapan wakil ketua MPR RI dari fraksi-fraksi partai politik dan kelompok DPD RI yang akan ditetapkan besok," ujarnya.

Dia menuturkan, kesepakatan Ahmad Muzani sebagai ketua MPR tercapai dalam rapat gabungan fraksi partai politik dan unsur kelompok DPD pada malam ini.

Menurutnya, penunjukan Muzani telah disepakati secara musyawarah yang dipimpin oleh pimpinan MPR sementara.

"Telah disepakati dalam rapat gabungan ini, adalah calon yang diusulkan dari Fraksi Partai Gerindra, namanya adalah sahabat saya kolega saya di pimpinan MPR periode yang kemarin, namanya Bapak H Ahmad Muzani," ucap Basarah.

Topik Menarik