Shigeru Ishiba Terpilih sebagai Perdana Menteri Jepang

Shigeru Ishiba Terpilih sebagai Perdana Menteri Jepang

Terkini | inews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 12:58
share

TOKYO, iNews.id - Parlemen majelis rendah Jepang memilih Shigeru ishiba sebagai perdana menteri yang baru. Hasil pemungutan suara, Selasa (1/10/2024), Ishiba unggul dari calon yang didukung oposisi.

Pemimpin partai berkuasa, Partai Demokratik Liberal (LDP), tersebut memproleh 291 suara dukungan dari total 461 kursi di majelis rendah. Meski demikian dia tak punya waktu untuk bulan madu karena pemilu dini akan berlangsung akhir bulan ini.

Shigeru harus mengendalikan perpecahan di LDP menjelang pemilu pada 27 Oktober. LDP mengalami perpecahan internal terkait calon Kabinet dan calon pemimpin partai yang akan diumumkan. Rencananya anggota kabinet akan diumumkan pada Selasa malam.

Ishiba akan memilih mereka yang sebagian besar tidak ternoda oleh skandal dana politik partai melibatkan faksi-faksi yang dulunya kuat. Kasus ini sangat merusak kepercayaan publik terhadap LDP.

Sejumlah calon menteri kemungkinan adalah sosok yang dekat dengan mantan Perdana Menteri Fumio Kishida. Di antara mereka adalah mantan kepala pertahanan Takeshi Iwaya yang dilaporkan menjadi menteri luar negeri. Sementara Kepala Sekretaris Kabinet Yoshimasa Hayashi akan tetap menduduki jabatan kunci sebagai juru bicara pemerintah.

Jabatan menteri keuangan dilaporkan akan diberikan kepada Katsunobu Kato yang juga salah satu dari delapan pesaing Ishiba dalam pemilihan kepala LPD. Sementara mantan Menteri Pertahanan Nakatani akan kembali menduduki jabatan tersebut.

Menyoroti perpecahan di internal partai, Ishiba menawarkan jabatan kepada pesaingnya dalam pemilihan pemimpin LDP yakni Sanae Takaichi dan Takayuki Kobayashi. Namun keduanya menolak jabatan di kabinet.

Topik Menarik