Erick Thohir dan Agus Gumiwang Kompak Sampaikan Selamat untuk Anindya Bakrie

Erick Thohir dan Agus Gumiwang Kompak Sampaikan Selamat untuk Anindya Bakrie

Ekonomi | inews | Senin, 30 September 2024 - 19:04
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang bertemu dengan Ketum Kadin Indonesia Anindya Bakrie pada hari ini, Senin (30/9/2024). Dalam pertemuan itu, Erick dan Agus kompak mengucapkan selamat atas terpilihnya Anindya sebagai Ketum Kadin Indonesia periode 2024 – 2029 pada Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kadin beberapa waktu lalu. 

Agus menegaskan kedatangannya dalam acara 'Sarasehan Bersama Menteri Perindustrian' di Menara Kadin Indonesia, Jakarta Selatan pada hari ini, Senin (30/9) sebagai bentuk dukungannya atas terpilihnya Anindya sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia. 

“Kami datang termasuk untuk mengucapkan selamat atas suksesnya Munaslub Kadin yang diselenggarakan beberapa waktu lalu dan juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Ketua Umum Kadin yang baru bapak Anindya Bakrie, yang menurut pandangan kami merupakan sebuah figur sosok yang bisa mempercepat, memperlancar, dan memperbaiki kerja sama antara pemerintah melalui Kementerian Perindustrian dan Kadin Indonesia. Kami juga mengucapkan selamat atas HUT ke-56 Kadin Indonesia,” kata Agus.

Agus menjelaskan, ada dua hal yang akan segera dilakukan antara Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kadin Indonesia, yaitu adanya niat pemerintah untuk merevisi UU Nomor 3 Tahun 2014, yaitu Undang – Undang tentang Perindustrian yang dianggap sudah tidak mampu menjawab tantangan dan dinamika yang dihadapi oleh dunia industri saat ini termasuk di antaranya digitalisasi.

Kedua, Kemenperin dan Kadin Indonesia akan bekerja sama untuk 'meluruskan' roadmap Indonesia Emas 2045 dari sektor industri. Agus pun siap mendukung Kadin di bawah kepemimpinan Anindya.

Tak cuma itu, Erick Thohir juga menyampaikan selamat kepada Anindya. Hal itu disampaikan saat Anindya  mengunjungi Kantor Kementerian BUMN untuk bertemu dengan Erick Thohir dan juga Wakil Menteri BUMN Kartiko Wirjoatmodjo, di Jakarta Pusat, siang tadi. 

 “Terima kasih kedatangan Pak Anin Ketua Umum Kadin. Selamat Pak Anin, salaman dulu Pak," ujar Erick.

Anindya mengaku membahas beberapa kerja sama antara Kadin dan BUMN. Ia berharap bisa mempersatukan database keduanya demi menjalankan proyek bersama-sama.

“Kami semua datang bertemu Menteri BUMN Pak Erick bersama sekitar delapan wakil dari Kadin Provinsi dan beberapa teman dari anggota luar biasa Kadin dan beberapa tim formatur. Kita ingin kerja sama dengan BUMN yang sudah baik menjadi lebih baik lagi. Banyak proyek-proyek di BUMN yang bisa dikerjasamakan dengan Kadin. Bagaimana mempersatukan database (Kadin – BUMN) misalnya, dan kedua apabila ada program-program investasi yang skalanya pas dimana anggota kami (Kadin) dapat ikut berpartisipasi. Semoga Kadin bisa menjadi public private partnership (yang aktif), dengan BUMN sebagai sentral,” ucap Anindya.

Pemerintah, BUMN khususnya, dan Kadin harus ada improvisasi yang didorong ke depan menghadapi pasar terbuka yang sangat balance antara swasta, investasi, UMKM, dan sebagainya. 

“Tadi Pak Anin dan saya dan seluruh anggota Kadin melihat ada improvisasi yg harus kita dorong ke depan. Bahwa database ini harus dipersatukan ke depan antara Kadin dan BUMN supaya ketika ada tender-tender itu kita buka selebar-lebarnya sehingga peran swasta, UMKM bisa menjadi bagian, dengan suatu kesepakatan yaitu good governance dan transparansi, supaya kami bisa terus menjaga keterbukaan karena kami tidak mau ada korupsi di BUMN atau (kami ingin) menekan (angka) korupsi,” ujar Erick Thohir.

 Pertemuan Anindya sebagai Ketum Kadin Indonesia 2024 – 2029 dengan Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menjadi pertemuan kedelapan dalam tiga pekan terakhir ini dengan para menteri pemerintahan Joko Widodo – Ma’ruf Amin.

Topik Menarik