Silaturahmi dengan DMI Jakarta, Ridwan Kamil Siapkan Program Umrah Gratis untuk Marbot

Silaturahmi dengan DMI Jakarta, Ridwan Kamil Siapkan Program Umrah Gratis untuk Marbot

Terkini | inews | Senin, 30 September 2024 - 15:13
share

JAKARTA, iNews.id - Calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil (RK) menyiapkan program umrah gratis untuk marbot. Dia meyampaikan janji itu saat bersilaturahmi dengan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jakarta, KH Ma’mun Al-Ayyubi di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (30/9/2024). 

Pertemuan itu juga dihadiri para ketua DMI di enam daerah administrasi Jakarta, dan jajaran pengurus DMI Jakarta.

RK sengaja memilih rumah KH. Ma’mun Al-Ayyubi karena sadar betul masjid bukan tempat untuk berkampanye. Dia menghormati dan mentaati aturan yang berlaku. ”Tadi, bertemu dengan para pimpinan dari Dewan Masjid Indonesia. Bertemunya di rumah karena itu yang paling benar, nggak boleh di masjid,” kata dia. 

Dalam kesempatan tersebut, dia lebih banyak mendengarkan. Dia menyimak dengan seksama satu per satu aspirasi yang disampaikan oleh pengurus DMI Jakarta.

Selama sekitar satu setengah jam, dia mendengarkan curahan hati, ide, masukan, dan saran dari pengurus DMI Jakarta.  Menurutnya, 90 persen aspirasi yang disampaikan terkait dengan anggaran untuk masjid. Para pengurus teras DMI berharap RK mempertahankan dan meningkatkan anggaran untuk masjid bila terpilih menjadi gubernur Jakarta. 

”Ada usulan kegiatan-kegiatan di masjid tolong di-support. Saya kira itu menjadi catatan, nanti jika memang terpilih tentu aspirasi itu kami perjuangkan,” kata gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 tersebut. 

RK menyebut salah satu yang akan diperjuangkan oleh pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) adalah program umrah dan haji untuk marbot, pengurus masjid, dan pengurus DMI. Sebagai pengurus rumah ibadah, mereka tidak pernah libur. Bahkan Sabtu, Minggu, serta tanggal merah tetap bertugas. Karena itu, sebagai bentuk apresiasi, program umrah dan haji dirasa pantas untuk diberikan kepada mereka. 

Pembiayaan umrah dan haji untuk marbot, pengurus masjid, dan pengurus DMI ini masuk dalam program Dana Operasional Rumah Ibadah (DORI) yang diusung pasangan RIDO. Ridwan Kamil-Suswono ingin memberikan dukungan finansial yang berasal dari pemerintah atau lembaga lain terhadap kegiatan operasional, perawatan, dan layanan sosial di rumah ibadah. 

Selain untuk umrah dan haji, para marbot, imam, guru ngaji, dan petugas pemulasaran jenazah bisa mendapatkan alokasi gaji lewat program ini. 

Dana Operasional Rumah Ibadah akan diserahkan lewat organisasi keagamaan, seperti DMI untuk masjid dan mushola, dan KWI/PGI untuk gereja. 

Di sela-sela silaturahmi tersebut, dia menyempatkan diri menyapa warga Kelurahan Papanggo. Calon gubernur Jakarta nomor urut 1 itu bertegur sapa dengan warga di sekitar tempat tinggal KH. Ma’mun Al-Ayyubi. ”Gimana kabarnya ibu-ibu, sehat semuanya?” tanya RK.

Pertanyaan itu lantas direspons dengan jawaban kompak. ”Sehattt, Pak. Foto bareng ya, Pak,” ajak para ibu. 

Topik Menarik