Desa di Sumenep Suasananya Masih Alami, Punya Oksigen Terbaik Bikin Umur Panjang 

Desa di Sumenep Suasananya Masih Alami, Punya Oksigen Terbaik Bikin Umur Panjang 

Travel | inews | Sabtu, 28 September 2024 - 17:40
share

JAKARTA, iNews.id - Desa di Sumenep harus dikunjungi minimal sekali seumur hidup. Beberapa desa di Sumenep dikenal memiliki pemandangan menakjubkan.

Salah satu yang harus dikunjungi adalah desa yang ada di Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Desa ini memiliki Gili dengan pemandangan menakjubkan. 

Ya, Sumenep merupakan salah satu kabupaten di Madura, Jawa Timur yang sangat kaya akan keindahan dan keunikan budayanya. Kabupaten ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Salah satu destinasi wisata yang populer di Sumenep adalah Pantai Lombang. Pantai ini terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang indah. Selain itu, ada juga Gili Iyang yang menawarkan keindahan pantai cantik dan suasana tenang.

Destinasi wisata di Sumenep tampaknya masih jarang terekspos. Padahal, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini memiliki daya tarik tersendiri dan keunikan yang berbeda dengan destinasi wisata lainnya.

Gili Iyang terkenal memiliki keunikan tersendiri. Bila berkunjung ke Sumenep, sempatkan untuk berkunjung ke Gili Iyang. Sebab, di sini ada pesona unik yang tak boleh dilewatkan. Penasaran ingin tahu seperti apa keunikan Gili Iyang? Berikut ulasannya.

Desa di Sumenep 

Desa di Sumenep yang harus dikunjungi ada di Kecamatan Dungkek. Adapun salah satu yang menjadi daya tarik di desanya adalah Gili Iyang. Keunikan Gili ini adalah memiliki kadar oksigen yang tinggi. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Jawa Timur, kandungan oksigen yang dimiliki Gili Iyang sekitar 21,5 persen, lebih tinggi dari daerah lain yang rata-rata hanya 20 persen.

Karenanya, Gili Iyang menjadi daerah yang sangat sehat. Tentu destinasi wisata seperti ini menjadi dambaan bagi para wisatawan. Uniknya lagi, hal ini terbukti dari para penduduk Gili Iyang yang panjang umur, lho! Bahkan, ada dari mereka yang menyentuh usia 100 tahun karena selalu menerapkan pola hidup yang sehat dan udara yang segar.

Data terakhir menyebutkan sedikitnya 157 penduduk Pulau Gili Iyang berusia di atas 100 tahun karena kondisi fisiknya yang fit. Selain itu, permukiman ini juga menyajikan suasana yang begitu indah. Pengunjung akan menikmati hijaunya pemandangan, dipadukan dengan udara yang begitu bersih dan segar.

Bila berkunjung ke Sumenep, mampir ke Gili Iyang merupakan suatu keharusan. Gili Iyang berada di Desa Dungkek, Kecamatan Dungkek, berjarak sekitar 28 km dari pusat Kabupaten Sumenep. Bila berada di Surabaya, tak sulit untuk mencapai ke Gili Iyang ini. Anda bisa menumpang angkutan umum atau menyewa mobil melintasi Kabupaten Sumenep menuju Pelabuhan Dungkek. Perjalanan ke Gili Iyang harus ditempuh menggunakan perahu atau kapal menyeberangi perairan Pulau Madura dan memakan waktu sekitar 1 jam. Selamat berkunjung!

Topik Menarik