Pecah Telur! 3 Investor Asing Mulai Investasi Perhotelan hingga Pendidikan di IKN

Pecah Telur! 3 Investor Asing Mulai Investasi Perhotelan hingga Pendidikan di IKN

Travel | inews | Kamis, 26 September 2024 - 16:40
share

JAKARTA, iNews.id - Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur mulai dilirik investor asing. Diketahui, ada sebanyak tiga investor asing mulai berinvestasi di sektor properti di IKN.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengaku bersyukur tiga investor asing akan memulai berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Alhamdulillah pecah telur, setelah kita berupaya sekian lama dan hari ini ada tiga proyek yang bersangkutan dengan parekraf memulai konstruksi oleh investor dari Australia, Rusia, dan China," ujar Sandiaga Uno kepada media saat ditemui di Bandara Soekarno Hatta, Rabu (25/9/2024).

Sandiaga mengatakan, para investor ini berinvestasi di sektor properti, perhotelan, dan pendidikan. Para investor tersebut merupakan Delonix Group dari China bakal membangun kawasan terintegrasi hotel, pusat perbelanjaan, perkantoran, hingga tempat olahraga. 

Sementara itu, ada dua investasi dengan skema kemitraan asing, yakni Australian Independent School (AIS) membangun kawasan pendidikan berstandar internasional dan Magnum Estate International, perusahaan asal Rusia, membangun kawasan terintegrasi. "Satu di bidang pendidikan dan perhotelan, dan akomodasi,” kata Sandiaga Uno.

Para investor ini berinvestasi senilai Rp1 triliun dan ini merupakan perdana investor asing investasi di IKN. "Prosesnya 24 bulan, dua tahun. Yang China biaya investasinya Rp500 miliar, Rusia pembangunan resor senilai Rp300 miliar," katanya.

Sandiaga pun berharap dengan adanya investor asing yang berinvestasi ini bisa membuka peluang investor lain. "Diharapkan ini bisa jadi momentum untuk lebih banyak lagi investasi dari luar negeri untuk membuka usaha dan lapangan kerja," tuturnya. 

Topik Menarik