Prabowo Diundang Hadiri KTT BRICS di Rusia, Dubes: Dia Tak Bisa Hadir, tapi....

Prabowo Diundang Hadiri KTT BRICS di Rusia, Dubes: Dia Tak Bisa Hadir, tapi....

Terkini | inews | Selasa, 24 September 2024 - 18:34
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden terpilih Prabowo Subianto mendapatkan undangan untuk menghadiri KTT BRICS di Kazan, Rusia, pada 22-24 Oktober nanti. Akan tetapi, mantan pangkostrad itu tidak bisa menghadiri pertemuan penting tersebut.

Merespons hal tersebut, Rusia menyatakan sudah memakluminya. Apalagi, pada waktu itu Prabowo baru beberapa hari dilantik sebagai kepala negara Indonesia.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Sergei Tolchenov mengatakan, Moskow dapat memafhumi bahwa Prabowo tidak akan dapat menghadiri pertemuan puncak BRICS di Kazan, bulan depan. Akan tetapi, menteri pertahanan RI itu sudah memastikan kehadiran Indonesia di KTT tersebut dengan mengutus pejabat tingginya.

"Kesulitan dalam hal ini terutama menyangkut pelantikan presiden di masa mendatang. Ya, memang akan sulit baginya (Prabowo), karena dia baru akan memangku jabatan, dan dia akan bertanggung jawab atas pembentukan kabinet. Dia tidak akan bisa pergi (ke KTT BRICS), kami sangat memahami itu," kata Tolchenov di sela-sela konferensi internasional Valdai Discussion Club di Jakarta, hari ini.

Menurut dia, Prabowo sudah menyampaikan langsung kepada Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa Indonesia akan mengirimkan pejabat di level tertinggi untuk menghadiri KTT BRICS. Tolchenov memperkirakan, pejabat yang diutus Prabowo nanti setingkat menteri. Hal tersebut juga dikonfirmasikan kepada dubes Rusia itu secara pribadi.

Selain itu, akan ada juga pejabat yang diutus sebagai wakil khusus Presiden RI. "Saya yakin ini akan menjadi level yang cukup tinggi, dan ini berarti Indonesia akan terwakili di Kazan pada level yang cukup tinggi," ucap diplomat Rusia itu lagi.

Topik Menarik