Ketua KPK: Jangan Mimpi Nebeng Jet Pribadi kalau Cuma Jualan Pisang

Ketua KPK: Jangan Mimpi Nebeng Jet Pribadi kalau Cuma Jualan Pisang

Terkini | inews | Selasa, 24 September 2024 - 14:29
share

JAKARTA, iNews.id - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Sementara Nawawi Pomolango menyampaikan pesan saat menjadi pembicara dalam diskusi terkait konflik kepentingan yang digelar Indonesia Corruption Watch (ICW), Selasa (24/9/2024). Dia menganggap pesan itu tidak bijak.

Pesan tersebut menyinggung penggunaan pesawat jet pribadi dan orang yang berjualan pisang.

“Izinkan dulu saya mengawali paparan ini dengan ini. Bukan pantun, tapi lebih pesan yang tak bijak gitu,” kata Nawawi dalam diskusi Konflik Kepentingan sebagai Pintu Masuk Korupsi.

Dia meminta setiap bait yang disampaikan disambut dengan sahutan "COI" alias conflict of interest atau konflik kepentingan. Dia meminta peserta diskusi yang hadir tak menanggapi setiap bait dengan sahutan "cakep".

“Pernyataan 'cakep' tapi diganti dengan kata 'COI', artinya conflict of interest. Jadi selalu mengingatkan kita bahwa conflict of interest itu sangat-sangat hati-hati untuk mengelolanya,” tutur dia.

Selanjutnya pesan tak bijak yang disampaikan Nawawi.

Nawawi lantas menyampaikan bait-bait pesan tak bijak tersebut. Berikut bunyinya:

Sang anak jualan pisang
Si bapak pengusaha terasi
Jangan naik pesawat terbang
Kalau tiketnya dari gratifikasi

Burung pipit burung merpati
Bersiul riang di atas dahan
Jangan mimpi nebeng jet pribadi
Kalau cuma jualan pisang

Usai membacakan pesan tak bijaknya itu, Nawawi berkelakar pesan tersebut jangan diviralkan. Dia akan meminta royalti apabila pesan tersebut viral.

"Saya minta pesan tak bijak ini tetap menjadi konsumsi di sini. Kalau ada yang sampai memviralkan, saya akan menetapkan royalti," ujar dia dengan nada bercanda.

Topik Menarik