Pelapor Dugaan Pemalsuan Dokumen Cawagub Papua Tidak Memiliki Legal Standing

Pelapor Dugaan Pemalsuan Dokumen Cawagub Papua Tidak Memiliki Legal Standing

Terkini | jayapura.inews.id | Selasa, 24 September 2024 - 14:40
share

JAYAPURA, iNewsJayapura.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua mengungkapkan, pelapor dugaan pemalsuan dokumen Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Papua tidak memiliki legal standing atau dasar hukum.

“Yang bersangkutan tidak memiliki legal standing untuk melaporkan terkait dugaan pemalsuan dokumen tersebut,” kata Amandus Situmorang selaku Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu Provinsi Papua dalam keterangan pers di Jayapura, Senin (23/09/2024).

Amandus menjelaskan bahwa berdasarkan Peraturan Bawaslu Nomor 8 Tahun 2020 Pasal 4 yang mensyaratkan pelapor yakni warga negara Indonesia (WNI) mempunyai hak pilih pada domisili setempat, pelapor merupakan pemantau pemilihan atau merupakan peserta pemilihan.

“Namun dari hasil kajian awal, ternyata hak pilih pelapor bukan berada di wilayah Provinsi Papua setelah di cek di daftar pemilih tetap atau DPT. Kemudian dicek lagi di Sistem Informasi Data Pemilih atau Sidalih, hak pilih pelapor berada di Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua Pegunungan,” ungkapnya.

Namun pada Pasal 5 dan 6 Peraturan Bawaslu Nomor 8 Tahun 2020, jelas Amandus, disyaratkan terhadap laporan yang tidak memenuhi syarat formil, maka pengawas pemilu menjadikannya sebagai informasi awal yang kemudian ditelusuri terkait laporan tersebut.

“Informasi awal ini sudah ditetapkan dalam rapat pleno dan dilakukan penelusuran selama tujuh hari kalender. Kami sedang melihat peristiwanya, kemudian akan bertemu dengan para pihak terkait dugaan pemalsuan dokumen tersebut. Setelah penelusuran, jika ada temuan akan diplenokan untuk diregister,” ujarnya.

Mengutip iNewsJayapura.id, seorang warga bernama Wakob Kombo melaporkan dugaan menggunaan dokumen palsu dalam pencalonan kepala daerah ke Polda Papua dan KPU Papua serta ke Bawaslu Papua.

Wakob Kombo menegaskan bahwa dirinya bukan sebagai tim sukses atau pendukung pasangan calon tertentu.

"Saya masyarakat biasa yang punya kepentingan dalam Pilkada Gubernur Provinsi Papua, agar dapat berjalan secara fair dan demokratis dan saya laporkan permasalahan dugaan pemalsuan dokumen ini ke Polda, nanti ke Gakkumdu, KPU Provinsi Papua dan nantinya juga ke Bawaslu Provinsi Papua merupakan bagian tanggungjawab saya baik sebagai masyarakat maupun Warga Negara Indonesia yang punya hak pilih dalam konstestasi pemilu di Papua, khususnya di Provinsi Papua," kata Wakob Kombo, Kamis (19/09/2024).

Topik Menarik