Demo Petani di Patung Kuda, Massa Long March Bawa Traktor hingga Gabah

Demo Petani di Patung Kuda, Massa Long March Bawa Traktor hingga Gabah

Terkini | inews | Selasa, 24 September 2024 - 11:29
share

JAKARTA, iNews.id - Ratusan petani dan buruh menggelar demonstrasi memperingati Hari Tani Nasional ke-64 di kawasan Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (24/9/2024). Mereka datang sambil membawa traktor hingga gabah.

Berdasarkan pantauan, massa berkumpul di kawasan Patung Kuda sekitar pukul 10.00 WIB. Tampak para tani dan buruh melakukan long march dari kawasan IRTI Monas.

Iring-iringan massa dipimpin mobil komando. Massa yang membawa traktor kemudian mengikuti di belakangnya. 

Tak hanya itu, belasan petani dan buruh yang memanggul berbagai hasil pertanian mulai dari gabah, buah, dan lainnya.

Kemudian terdapat barisan petani dan buruh yang berjalan sambil membawa sejumlah spanduk dan poster terkait permasalahan pertanian. Terdapat pula tuntutan terkait reformasi agraria untuk para petani dan buruh.

Polisi yang berjaga tampak melakukan pengamanan di kawasan Patung Kuda tersebut. Hingga kini, belum dilakukan penutupan jalan di kawasan Patung Kuda.

Diketahui, sebanyak 4.294 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan demo petani dan buruh pada hari ini.

"Pengerahan personel gabungan sebanyak 4.294 dengan rincian 3.517 area DPR/MPR Senayan dan Monas, 497 personel dan Kementerian ATR/BPN 280 personel," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro dalam keterangannya.

Susatyo menekankan untuk rekayasa lalu lintas bersifat situasional melihat eskalasi masa demo di lapangan.

"Apabila jumlah massa dan eskalasi meningkat maka diadakan penutupan jalan. Namun apabila tidak banyak lalin akan tetap normal," ucapnya.

Topik Menarik