Gelar Seminar Parenting, SDIT KIC Bondowoso Sinergikan Peran Orangtua dan Sekolah

Gelar Seminar Parenting, SDIT KIC Bondowoso Sinergikan Peran Orangtua dan Sekolah

Terkini | bondowoso.inews.id | Selasa, 24 September 2024 - 11:40
share

Bondowoso, INewsBondowoso -  Beragam cara dilakukan untuk memberikan pemahaman parenting, salah satunya dengan menggelar seminar.

SDIT Kuntum Insan Cemerlang Bondowoso menggelar kegiatan seminar parenting dengan tema “Kesehatan Mental Dalam Pembentukan Karakter Anak".

Acara tersebut digelar di Aula Hotel Ijen View Bondowoso. Tujuan diadakannya seminar ini untuk menyamakan sinergi dan pola asuh antara guru dan wali murid agar anak tidak merasa terpaksa dengan target yang orangtua rancang.
 

Selain itu seminar parenting ini digelar karena banyaknya fenomena tentang darurat kesehatan mental orang tua dalam mendidik generasi masa kini.

Tantangan pendidikan saat ini sangat kompleks dari segi pergaulan anak, teknologi, keluarga, degradasi moral, dan lain sebagainya.

Pembentukan karakter anak sebagai muslim yang utuh dan calon pemimpin di masa depan butuh sinergi yang berkesinambungan antara guru dan orangtua di rumah.

Seminar parenting ini mengundang Coach Feri Dwi Sampurno, S.AP yang merupakan seorang Trainer, Motivator, dan  CEO Innovation Leader (INALEAD).

Seluruh wali murid kelas 1  SDIT Kuntum Insan Cemerlang hadir mengikuti acara ini. Selain wali murid, seminar juga dihadiri oleh Ketua Yayasan Insan Cemerlang Bondowoso, Nurul Khotimah, Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Cabang Bondowoso, M. Zainul Arifin, M.Pd. dan Ketua Komite, M. Hairul, M.Pd.

Agenda seminar diawali dengan penampilan hadrah oleh siswa, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars JSIT, dan tilawah oleh Alya Malika kelas 6A.

Sesi sambutan diawali Kepala SDIT KIC, Irma Trias Santi, S.P., S.Pd. Dalam sambutannya, ia memaparkan bahwa SDIT Kuntum Insan Cemerlang berada dibawah naungan JSIT Indonesia dengan kurikulum pendidikan berbasis Islam yang tak hanya memperhatikan capaian akademik, tapi juga capaian spiritual.

Sementara  Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Cabang Bondowoso, M. Zainul Arifin, M.Pd sangat mendukung adanya acara seminar parenting bagi orang tua siswa.

Hal ini menjadi sebuah kebutuhan untuk bekal mendidik anak ditengah gempuran penyimpangan.

"Punya anak itu bukanlah dampak biologis, tapi sebuah keputusan. Dan pada setiap keputusan, ada tanggung jawab yang harus dikembalikan kepada Allah. Maka harus sepenuhnya mencurahkan tanggung jawab 100”. Artinya dalam setiap level kehidupan, baik sebagai pemimpin rumah tangga, pemimpin negara, bahkan diri sendiri memiliki tanggung jawab terhadap apapun yang dia pimpin. Jadi, jangan serahkan anak pada sekolah saja, karena sekolah hanya membantu. Sebagai orangtua, wajib 100 bertanggung jawab terhadap anak dan mampu bekerja sama dengan sekolah,“ ungkap Coach Feri Dwi Sampurno, S.AP.

Sebanyak 130 peserta tampak sangat antusias menyimak materi. Diselingi ice breaking untuk mencairkan suasana dan gelak tawa.

Salah satu wali murid siswa kelas 1, Fitria menyampaikan jika kegiatan ini sangat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan.

“Seminar parenting ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai orangtua dan bekal untuk mendidik putra putri kami sehingga tidak akan terjadi luka pengasuhan pada anak. Dan kita sebagai orangtua kalau bisa jangan terus membicarakan konten kesalahan anak, tapi lebih kepada konteks kita sebagai orang tua kepada anak”, ucapnya.


Di akhir sesi, seluruh wali murid melakukan penandatanganan Komitmen Bersama, menjalin sinergi yang baik antara wali murid dan sekolah serta mendukung penuh seluruh program-program yang diadakan oleh SDIT Kuntum Insan Cemerlang Bondowoso.

Dengan diselenggarakannya seminar parenting ini, diharapkan  para orang tua mendapatkan ilmu baru dan bekal pemahaman terkait penanaman karakter anak sesuai kurikulum Islam. 

Topik Menarik