Israel Bantai 274 Warga Lebanon dalam 4 Hari, Ngebom Tanpa Pandang Bulu

Israel Bantai 274 Warga Lebanon dalam 4 Hari, Ngebom Tanpa Pandang Bulu

Berita Utama | inews | Senin, 23 September 2024 - 01:15
share

BEIRUT, iNews.id - Korban tewas serangan Israel ke Lebanon hingga Senin (23/9/2024) malam WIB mencapai 274 orang. Sebanyak 21 di antaranya adalah anak-anak dan 39 perempuan dewasa.

Jumlah korban itu dihitung sejak serangan besar-besaran Israel ke Lebanon pada Jumat pekan lalu. Selain itu, sedikitnya 1.024 lainnya luka.

Menteri Kesehatan Lebanon Firass Abiad mengatakan militer Zionis mengebom tanpa padang bulu. Mereka mengincar rumah warga sipil, faailitas medis, ambulans, bahkan pengungsi yang meninggalkan kampung halaman mereka.

Abiad mengatakan , pihaknya memastikan para korban luka akibat serangan Israel mendapatkan perawatan yang sesuai.

Dia telah meminta rumah sakit untuk menghentikan layanan reguler kasus-kasus ringan  untuk memberi ruang bagi yang korban perang dari wilayah selatan.

“Kami sedang mengupayakan arahan agar pusat-pusat pertolongan pertama diubah menjadi tempat yang dapat menerima korban terluka. Pasien telantar yang menderita kanker, gagal ginjal, dan penyakit kronis lainnya, kami punya rencana untuk merawat mereka di berbagai pusat medis lain," kata Abiad, dikutip dari Al Jazeera.

Semua taman kanak-kanak di seluruh Lebanon telah diliburkan. Selain itu sekolah di daerah yang terkena dampak serangan Israel juga akan diliburkan selama 2 hari.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan militernya memperluas serangan terhadap kelompok Hizbullah yakni mencakup seluruh wilayah Lebanon.

Dia mengklaim serangan hanya ditujukan kepada target-target Hizbullah namun kenyataannya banyak warga sipil, terutama anak-anak dan perempuan yang menjadi korban.

Israel telah menyerang ratusan target sepanjang hari ini saja. 

Topik Menarik