Pejabat BRICS: Perdagangan Mata Uang Lokal Sudah Lampaui Dolar AS

Pejabat BRICS: Perdagangan Mata Uang Lokal Sudah Lampaui Dolar AS

Berita Utama | sindonews | Senin, 23 September 2024 - 15:05
share

Di tengah upaya aliansi ini untuk mengurangi ketergantungan pada greenback, seorang pejabat BRICS telah mengkonfirmasi bahwa perdagangan mata uang lokal telah melebihi transaksi yang diselesaikan dalam dolar Amerika Serikat (AS). Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri BRICS, Sameep Shastri, mengkonfirmasi bahwa aliansi-aliansi ini terus bergerak menjauh dari perdagangan mata uang Barat.

Dedolarisasi tetap menjadi fokus bagi blok BRICS. Dengan semakin dekatnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS 2024, sektor geopolitik mengharapkan pengumuman besar-besaran dari kelompok ini. Secara khusus, ada antisipasi bahwa sistem pembayaran blockchain dapat diatur untuk memulai debutnya.

Baca Juga: 23 Negara Resmi Daftar Anggota BRICS, Tetangga Indonesia Ikut Antre

Sepanjang tahun lalu, blok BRICS telah menantang dominasi dolar AS. Blok ini telah berkomitmen untuk mengurangi ketergantungan internasional pada aset tersebut. Hal ini telah mendorong pergeseran global. Berdasarkan laporan Atlantic CouncilSejak tahun 2002, cadangan global yang disimpan dalam greenback turun 14. Adapun metrik tersebut sejalan dengan tahun pertama operasi penuh untuk kolektif lima negara.

Blok ini telah berkembang pesat sejak saat itu. Sekarang, seorang pejabat BRICS telah mengkonfirmasi bahwa perdagangan mata uang nasional telah melebihi kesepakatan yang diselesaikan dalam dolar AS.

Shastri mencatat bahwa perjanjian perdagangan bergantung pada penyelesaian dalam mata uang lokal sebagai langkah yang hemat biaya. Sesuatu yang hanya dapat dilacak lebih cepat oleh sanksi-sanksi Barat terhadap negara-negara aliansi.

"Saya sudah merasa bahwa hal ini sudah disalip karena negara-negara tersebut sangat senang melakukan perdagangan dalam mata uang mereka sendiri," kata Shastri disitir dari WatcherGuru, Senin (22/9/2024).

"Ketika Anda melihat pada tingkat mikro yang sangat sederhana, saya membeli produk X dari Rusia, membayar dengan nilai tukar dolar di India, dan kemudian memberikan layanan kembali, membayar dengan nilai tukar dolar. Jadi ada biaya tambahan di belakangnya, yang sekarang dihilangkan ketika saya langsung membayar dengan Rubel atau Rupee," tambahnya.

Baca Juga: Rudal Nuklir Setan-2 Rusia Meledak saat Uji Coba, Pukulan Telak bagi Putin

Hal itu tampaknya menjadi tujuan akhir dari aliansi ekonomi ini. Pengembangan pembayaran BRICS tampaknya menjadi cara untuk memajukan infrastruktur. Sistem ini akan memungkinkan negara-negara di belahan bumi selatan untuk menciptakan metode penyelesaian perdagangan yang mirip dengan SWIFT di Barat.

Dengan blok yang sudah merangkul perdagangan semacam ini, sistem tersebut seharusnya dapat mendorong perdagangan lebih jauh lagi. Hal ini akan mendorong penggunaan dolar AS menjadi lebih rendah. Menurut Shastri aliansi ini juga sedang mempertimbangkan untuk menerima sejumlah mata uang digital sesuai dengan standar aturan negara-negara yang berpartisipasi.

Topik Menarik