Kronologi Serangan Bom terhadap Diplomat Indonesia di Pakistan

Kronologi Serangan Bom terhadap Diplomat Indonesia di Pakistan

Terkini | inews | Senin, 23 September 2024 - 18:58
share

JAKARTA, iNews.id - Rombongan diplomat Indonesia terkena serangan bom di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan, Minggu (22/9/2024). Serangan tersebut menyebabkan seorang polisi yang mengawal konvoi para diplomat itu tewas.

"Serangan yang terjadi di jalan menuju Malam Jabba (sktr 300 km dari Islamabad) diduga berupa bom (improvised explosive device) dan menyebabkan satu polisi meninggal dan tiga polisi lainnya terluka," kata Roy Rolliansyah Soemirat dalam keterangannya, Senin (23/9/2024).

Atas kejadian itu, Kemlu RI telah melakukan koordinasi dengan KBRI Islamabad. Dia menyebut seluruh diplomat Indonesia dalam keadaan aman dan selamat.

"Dalam iringan korps diplomatik tersebut turut serta Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Islamabad. KUAI KBRI Islamabad dan seluruh rombongan korps diplomatik dalam keadaan aman dan telah kembali ke Islamabad dengan selamat," katanya.

Jumlah WNI yang tercatat tinggal menetap di Pakistan sejumlah sekitar 1.200 orang. Mayoritas adalah pelajar dan WNI yang menikah dengan warga negara Pakistan.

KBRI Islamabad akan terus berkoordinasi dengan aparat pemerintah pakistan guna pastikan keamanan dan keselamatan seluruh WNI di Pakistan.

"Menurut informasi dari KBRI Islamabad, saat ini banyak gambar-gambar tidak akurat terkait insiden ini yang tersebar di berbagai media internasional. Untuk itu, masyarakat diimbau juga untuk terus memantau pemberitaan secara terukur dan bertanggung jawab," katanya.

Topik Menarik