Menko Polhukam Pastikan Kapten Philip dalam Kondisi Sehat usai Bebas dari KKB

Menko Polhukam Pastikan Kapten Philip dalam Kondisi Sehat usai Bebas dari KKB

Berita Utama | inews | Minggu, 22 September 2024 - 08:45
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto memastikan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens dalam kondisi sehat. Philip dibebaskan usai disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua selama sekitar 1,5 tahun.

"Tadi yang kita minta adalah kita melaksanakan tes kesehatan dan dinyatakan baik," kata Hadi di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu (21/9/2024).  

Bukan hanya Hadi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto juga menyambut langsung kedatangan Philip di Jakarta. Keduanya juga menginformasikan Hadi soal kondisi pilot yang disandera selama 19 bulan itu. 

"Saya diinfo oleh Panglima TNI dan Kapolri, kapten pilot dalam keadaan sehat," ujarnya.

Dia memastikan Philip dibebaskan tanpa syarat. KKB, selaku penyandera, tidak menyampaikan permintaan timbal balik.

"Tidak ada (timbal balik) tidak ada yang mereka minta. Hanya pendekatan secara persuasif," kata Hadi di Bandara Halim Perdanakusuma pada Sabtu (21/9/2024) malam.

Hadi mengatakan Petugas TNI-Polri membebaskan sandera dengan pendekatan soft approach. Semua elemen termasuk tokoh adat juga ikut dalam proses negosiasi pembebasan pilot asal Selandia Baru itu. 

"Proses negosiasi keterlibatan tokoh adat, tokoh masyarakat dan keterlibatan gereja semuanya sangat mempengaruhi proses pembebasan ini," katanya. 

Diketahui, pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens berhasil dijemput tim gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024 di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Selanjutnya pilot Susi Air diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B Timika.

Kapten Philip lalu tiba di Bandara Halim Perdanakusuma sekitar pukul 22.30 WIB. Dia langsung menjalani tes kesehatan. 

Hadi lalu menyerahkan Philip kepada Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, Kevin Burnett.

Philip disandera OPM pimpinan Egianus Kogoya di belantara hutan Papua. Penyanderaan ini dimulai saat Philip mempiloti pesawat Susi Air nomor penerbangan SI 9368 yang mendarat di Landasan Terbang Paro, Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Selasa (7/2/2023).

Topik Menarik