KPU DKI Tetapkan Cagub-Cawagub Jakarta Hari Ini, Paslon Tak Wajib Datang

KPU DKI Tetapkan Cagub-Cawagub Jakarta Hari Ini, Paslon Tak Wajib Datang

Terkini | inews | Minggu, 22 September 2024 - 08:14
share

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta akan mengumumkan penetapan calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub) Jakarta, Minggu (22/9/2024). Pasangan calon (paslon) yang telah mendaftar tidak diwajibkan datang secara langsung di Kantor KPU DKI Jakarta.

Ketua KPU DKI Jakarta, Wahyu Dinata mengatakan, pihak yang diwajibkan datang saat penetapan itu yakni perwakilan tim sukses (timses) paslon.

"(Hanya) tim paslon yang datang," ucap Wahyu saat dikonfirmasi wartawan.

Kepala Divisi Teknis KPU DKI Jakarta Dody Wijaya mengatakan, pengumuman penetapan cagub-cawagub Jakarta dilakukan pukul 11.00 WIB. Sebelum pengumuman, pihaknya akan terlebih dulu melakukan rapat pleno secara tertutup.

"Pukul 09.00 WIB, rapat pleno tertutup (internal) penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur,” tuturnya.

Nantinya, kata dia, KPU DKI juga akan menyerahkan pengawalan kepada para cagub-cawagub.

“Pukul 11.00 WIB penyampaian penetapan pasangan calon gubernur-wakil gubernur dan penyerahan satgas pengawalan pasangan calon,” jelas dia.

Sebelumnya, KPU DKI Jakarta menyatakan berkas tiga bakal paslon Pilgub Jakarta 2024 telah lengkap dan memenuhi syarat. KPU DKI telah meneliti dokumen-dokumen termasuk dokumen perbaikan ketiga paslon.

Dengan demikian, pasangan Ridwan Kamil-Suswono, Pramono Anung-Rano Karno dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana bisa berlanjut ke tahapan selanjutnya.

"Ini ketiga pasangan calon dinyatakan seluruhnya memenuhi syarat (administrasi)," kata anggota KPU DKI Jakarta, Astri Megatari, Jumat (13/9/2024).

Adapun pendaftaran Pilgub Jakarta 2024 sebelumnya berlangsung pada 27-29 Agustus 2024. Pramono-Rano menjadi yang pertama mendaftar di hari kedua, disusul oleh Ridwan Kamil-Suswono.

Pada hari terakhir, giliran Dharma-Kun yang mendaftar ke KPU Jakarta. Ketiga paslon juga telah mengikuti tes kesehatan dan dinyatakan memenuhi syarat.

Topik Menarik