Negara dengan Persentase Pria Disunat Tertinggi di Asia Tenggara, Filipina Ternyata Nomor 2

Negara dengan Persentase Pria Disunat Tertinggi di Asia Tenggara, Filipina Ternyata Nomor 2

Terkini | inews | Minggu, 22 September 2024 - 07:56
share

JAKARTA, iNews.id - Sunat atau khitan sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Tradisi ini tidak saja menjadi bagian dari perintah agama Islam, tetapi juga diyakini memiliki segudang manfaat kesehatan bagi kaum Adam.

Dilansir dari laman Mayo Clinic, sunat secara medis diartikan sebagai operasi untuk membuang kulit yang menutupi ujung penis, yang juga disebut kulup. Ada beberapa kondisi di mana sunat diperlukan untuk kebutuhan medis. Misalnya, kulup mungkin terlalu ketat untuk ditarik ke belakang sehingga menutupi ujung penis. Sunat juga direkomendasikan sebagai cara untuk menurunkan risiko HIV di negara-negara tempat virus tersebut tersebar luas, termasuk beberapa bagian Afrika.

Sunat menjadi tradisi keagamaan atau budaya yang umum di kalangan keluarga Muslim dan Yahudi, serta masyarakat pribumi tertentu. Bagi orang-orang non-Muslim yang mempraktikkan tradisi tersebut, sunat juga dapat menjadi bagian dari kebersihan pribadi, atau perawatan kesehatan preventif.

Sunat juga memiliki berbagai manfaat kesehatan, di antaranya yaitu:

  • Kebersihan kelamin lebih mudah. ​​Sunat membuat penis lebih mudah dibersihkan. Namun, anak laki-laki yang belum disunat dapat diajari untuk membersihkan bagian kulup secara teratur.
  • Risiko infeksi saluran kemih (ISK) lebih rendah. Risiko ISK pada pria bersunat rendah. Sementara, infeksi ini lebih umum terjadi pada pria yang belum disunat.
  • Risiko lebih rendah terkena infeksi menular seksual. Pria yang telah disunat mungkin memiliki risiko lebih rendah terkena infeksi menular seksual tertentu, termasuk HIV.
  • Pencegahan masalah penis. Terkadang, kulup pada penis yang belum disunat bisa jadi sulit atau tidak mungkin ditarik ke belakang. Ini disebut fimosis. Ini dapat menyebabkan pembengkakan, yang disebut peradangan, pada kulup atau kepala penis.
  • Risiko kanker penis lebih rendah. Meskipun kanker penis jarang terjadi, kanker ini lebih jarang terjadi pada pria yang telah disunat. Selain itu, kanker serviks lebih jarang terjadi pada pasangan seksual perempuan dari pria yang telah disunat.

Negara dengan Persentase Pria Disunat Tertinggi di Asia Tenggara

Di beberapa negara Asia Tenggara, sunat menjadi praktik yang lazim dilakukan. Apalagi di Indonesia yang memiliki populasi Muslim terbesar di dunia. 

Namun, yang mengejutkan, Filipina yang penduduknya mayoritas non-Muslim ternyata memiliki persentase pria disunat yang tinggi di kawasan ini. Angkanya jauh berada di atas negara-negara Muslim seperti Brunei Darussalam dan Malaysia.

Berikut daftar negara dengan persentase pria disunat di Asia Tenggara, seperti dikutip dari jurnal medis Population Health Metrics dalam artikel "Estimation of Country-specific and Global Prevalence of Male Circumcision" yang dipublikasikan pada Maret 2016:

Brunei Darussalam : 51,9 persen

Kamboja : 3,5 persen

Indonesia : 92,5 persen

Laos : 0,1 persen

Malaysia : 61,4 persen

Myanmar : 3,5 persen

Filipina : 91,7 persen

Singapura : 14,9 persen

Thailand : 23,4 persen

Vietnam : 0,2 persen

Timor Leste : 6,4 persen

Papua Nugini : 10,1 persen

Topik Menarik