Deretan Senjata Buatan Indonesia yang Dibeli Negara Lain

Deretan Senjata Buatan Indonesia yang Dibeli Negara Lain

Berita Utama | inews | Minggu, 22 September 2024 - 06:10
share

JAKARTA, iNews.id - Senjata buatan Indonesia yang dibeli negara lain perlu diketahui. Produksi senjata ini dibuat oleh PT Pindad.

Pindad mampu memproduksi sebanyak 14.000–15.000 berbagai jenis senjata per tahun. Senjata yang diproduksinya antara lain senapan serbu, senapan tempur, hingga pistol. 

Senjata Pindad memiliki akurasi yang baik dan ketahanan di medan perang. Senjata Pindad juga telah berhasil meraih prestasi lomba tembak antar angkatan darat se-Asia Tenggara (AARM) dan lomba tembak Angkatan Darat se-Asia Pasifik (ASAM), serta Lomba Tembak tahunan yang diselenggarakan oleh Angkatan Bersenjata Diraja Brunei (BISAM).

Berikut Deretan Senjata Buatan Indonesia yang Dibeli Negara Lain:

1. Senapan Runduk SPR-2 

Senapan SPR-2 menggunakan peluru berukuran besar sehingga kapasitas magazinenya hanya menampung lima butir peluru. Senjata ini adalah senapan penembak runduk (sniper) berlaras panjang dengan bipod, dioperasikan dengan cara merunduk untuk ketabilan menembak terbaik. 

SPR- 2, senjata andalan Kopassus buatan PT Pindad. (Foto : PT Pindad)
SPR- 2, senjata andalan Kopassus buatan PT Pindad. (Foto : PT Pindad)

Keunggulan senjata ini dapat menembak target dengan jarak 2 kilometer dengan akurasi yang sangat baik. Senapan ini menggunakan peluru dengan kaliber 12.7 x 99 mm. 

2. Pistol G2

Pistol G2 Elite mampu menampung 15 butir peluru. Pistol berkaliber 9 x 19 mm parabellum memiliki keunggulan berupa pisir belakang yang bersifat adjustable. 

Pistol ini memiliki jangkauan efektif 25 meter. Senjata ini sudah digunakan di negara-negara Timur Tengah. 

3. Senapan SS2-V4

SS2-V4 adalah senapan serbu yang paling banyak dikenal orang. SS2-V4 mampu memberi presisi tembakan yang baik.

Senjata ini pernah digunakan TNI dalam kompetisi kejuaran menembakan militer. Senjata ini sudah memenangkan kompetisi menembak Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) dan ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) sebanyak 11 kali.

SS2-V4 mampu memberi presisi tembakan yang baik. (Foto Pindad).
SS2-V4 mampu memberi presisi tembakan yang baik. (Foto Pindad).

SS2-V4 memiliki bodi yang lebih ringkas dilengkapi dengan picatiny rail dan fitur keamanan yang diperbaharui. SS2-V4 dimintai Zimbabwe, Mozambik, dan Nigeria serta negara ASEAN.

4. Pistol G2 Premium

G2 Premium merupakan varian pistol G2. Pistol ini semi otomatis dengan kapasitas magazine 15 butir peluru. G2 Premium dikembangkan dari desain dan frame varian G2 lannya. 

G2 Premium memiliki jarak tembak efektif sampai dengan 25 meter. (Foto dok Pindad).
G2 Premium memiliki jarak tembak efektif sampai dengan 25 meter. (Foto dok Pindad).

Pistol ini menggunakan amunisi kaliber 9 mm, G2 Premium memiliki jarak tembak efektif sampai dengan 25 meter.

Topik Menarik