Profil dan Biodata Graham Arnold, Pelatih Timnas Australia yang Mengundurkan Diri Usai Seri Lawan Indonesia 

Profil dan Biodata Graham Arnold, Pelatih Timnas Australia yang Mengundurkan Diri Usai Seri Lawan Indonesia 

Olahraga | inews | Sabtu, 21 September 2024 - 21:04
share

JAKARTA, iNews.id - Profil dan biodata Graham Arnold menarik perhatian pencinta sepak bola Tanah Air usai memilih mundur dari kursi kepelatihan Timnas Australia usai ditahan Indonesia 0-0 di babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran 3. 

Pengumuman mundurnya Arnold sebagai arsitektur The Socceroos sendiri disampaikan oleh Asosiasi Sepak Bola Australia, pada Jumat (20/9).

Perjalanan Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran 3 terbilang tidak cukup mulus. Jackson Irvine dan kolega sempat kalah dari Bahrain 1-0 dan terakhir ditahan seri Indonesia 0-0.

Hasil itu membuat mereka baru mengoleksi 1 poin dari 2 laga. 

Keputusan Arnold itu melepaskan jabatannya sebagai pelatih Timnas Australia pun membuat publik penasaran dengan sosoknya.

Maka dari itu, berikut iNews.id berikan informasi mengenai profil dan Biodata Graham Arnold yang dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (21/9/2024). 

Profil Graham Arnold

Sebelum berkecimpung di dunia kepelatihan, Arnold tercatat sempat aktif sebagai pesepakbola. Pria bernama lengkap Graham James Arnold itu mengawali kariernya di klub Australia, Sydney United. 

Setelah tahun 1990, Arnold memilih melanglang buana ke Benua Eropa. Tercatat, pria yang lahir pada 3 Agustus 1963 itu sempat memperkuat beberapa klub, seperti Roda JC, RC Liege, R Charleroi SC, dan NAC Breda. 

Namun, pada 1997 Arnold memutuskan untuk menjajal Liga Jepang dengan memperkuat Sanfrecce Hiroshima.

Terakhir memperkuat Northern Spirit dan akhirnya gantung sepatu alias pensiun setahun berselang.

Menurut transfermarkt, Arnold tercatat pernah memperkuat Timnas Australia sebanyak 56 kali di berbagai ajang internasional. Dari total penampilannya itu, pria kelahiran Sydney itu mampu mencetak setidaknya 19 gol. 

Arnold mulai meniti kariernya sebagai pelatih di tahun 2000an dengan menjadi asisten pelatih Timnas Australia saat itu, Frank Farina dan Guus Hiddink. Kemudian, jabatan itu ia emban hingga 2009. 

Setelah tidak lagi jadi asisten pelatih Timnas Australia, Arnold memilih untuk menjadi pelatih di berbagai klub. Di antaranya, Central Coast (2010-2013), Vegatta Sendai (2014), dan Sydney FC (2014-2018). 

Di level klub, pria yang lahir pada 3 Agustus 1963 itu sempat menjuarai beberapa gelar. Antara lain, Liga Australia alias A-League di dua tim berbeda, yakni Central Coast Mariners (2012-2013), dan Sydney FC (2016-2017). 

Arnold saat menukangi Sydney FC juga berhasil memenangkan Piala Australia, tepatnya pada musim 2016-2017. 

Setelah itu, Arnold kembali ke Timnas Australia dan kali ini ditunjuk sebagai pelatih kepala. Ajang prestisius yang pernah dilakoninya saat mengarsiteki The Socceroos adalah Piala Dunia 2022. 

Australia yang satu grup bersama dengan juara bertahan Prancis, Tunisia, dan Denmark mampu lolos hingga babak 16 besar berstatus sebagai runner-up Grup D. Sayangnya, di babak tersebut Australia harus kalah tipis 2-1 dari tim yang kelak keluar sebagai juara, Argentina. 

Dari 55 laga yang dilakoninya, Timnas Australia di bawah asuhan Graham Arnold mampu menang di 35 laga, seri 7 kali, dan kalah di 13 laga. Dari keseluruhan itu ia berhasil mengumpulkan 112 poin alias 2,04 poin per pertandingan. 

Biodata Graham Arnold 

  • Nama di negara asal: Graham James Arnold
  • Tanggal lahir / Umur: 3 Agt 1963 (61)
  • Tempat kelahiran: Sydney 
  • Tinggi: 1,79 m
  • Kewarganegaraan: Australia

Demikian ulasan mengenai profil dan biodata Graham Arnold. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik