6 Fakta Elkan Baggott, Pemain Liga Inggris yang Dicueki Shin Tae-yong

6 Fakta Elkan Baggott, Pemain Liga Inggris yang Dicueki Shin Tae-yong

Berita Utama | inews | Sabtu, 21 September 2024 - 15:30
share

JAKARTA, iNews.id – Enam fakta Elkan Baggott menarik diulas menyusul kariernya yang mentok di Timnas Indonesia karena dicueki Pelatih Shin Tae-yong. 

Elkan Baggott merupakan salah satu pemain keturunan Indonesia yang sempat menghiasi skuad Garuda. Posturnya yang tinggi besar membuatnya menjadi salah satu kelebihannya dalam menjalankan tugas sebagai bek tengah. 

Berikut enam fakta menarik tentang pemain kelahiran Bangkok, Thailand, itu yang dirangkum dari berbagai sumber. 

Elkan Baggott sudah hadir dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia di Antalya, Turki. (Foto: PSSI)


6 Fakta Elkan Baggott

1. Keturunan Indonesia dari Ibunya

Pemain bernama lengkap Elkan William Tio Baggott itu lahir dari ibunya yang asli Indonesia, dan ayahnya orang Inggris. Meski lahir di Bangkok, Thailand, dia memilih kewarganegaraan Indonesia. 

Dia melakoni debutnya bersama Timnas Indonesia U-19 pada laga persahabatan melawan Makedonia Utara U-19 pada 11 Oktober 2020.


2. Jadi WNI Tanpa Naturalisasi

Banyak yang mengira Elkan Baggott adalah pemain naturalisasi. Sebenarnya, pemuda bertinggi 196 cm itu tak pernah menjalani proses naturalisasi. 

Dia bisa mendapatkan paspor Indonesia karena memiliki ibu yang berkewarganegaraan Indonesia. Hal itu sudah sesuai Undang-Undang No.12 Tahun 2006 tentang kewarganegaraan Republik Indonesia Pasal 6.

3. Pernah Sekolah di Bintaro

Bersama keluarganya, Elkan Baggott pernah tinggal di Bintaro, Jakarta. Dia juga bersekolah di British International School (kini British School Jakarta). Di sekolah itu, dia sempat ditunjuk sebagai kapten tim sepak bola. 

Dia juga sempat menimba ilmu sepak bola Soccer Schools International (SSI), Jakarta, klub yang didanai oleh Arsenal Football Club. Baru pada 2011, keluarganya memutuskan untuk menetap di Inggris. 

 

Defender Ipwich Town, Elkan Baggott. (Foto: Ipswich Town)
4. Jebolan Ipswich Town Junior

Setelah bergabung dengan Ipswich Town Junior dengan beasiswa dua tahun pada 2019, Elkan  Baggott melakoni debut seniornya untuk klub tersebut pada 6 Oktober 2020, dalam kemenangan 2-0 atas Gillingham di EFL Trophy.

Pada 28 Januari 2021, dia menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan Ipswich, diikat masa kerja dua setengah tahun dengan opsi perpanjangan satu tahun.

Pada 16 April 2022, dia menjadi pemain Indonesia pertama yang bermain di liga profesional Inggris saat ia tampil untuk Ipswich Town dalam pertandingan EFL League One melawan Rotherham United. Kemudian, dia menandatangani kontrak baru berdurasi tiga tahun dengan klub tersebut pada Juni 2022. Kini, dia dipinjamkan ke Blackpool selama satu musim.

5. Pernah Tolak Panggilan Timnas Indonesia

Elkan Baggott pernah menolak panggilan Timnas Indonesia pada Mei 2021. Hal itu diumumkan Ketua Umum PSSI saat itu, Mochamad Iriawan pada 22 Oktober 2021.

Namun, setelah itu dia mengirim mengirim surat kepada PSSI yang menjelaskan ketidakhadirannya karena pandemic Covid-19 yang melanda Inggris Raya dan Indonesia. Dia menyatakan siap memenuhi panggilan Tim Garuda berikutnya. 

Pada 16 November 2021, dia melakoni debutnya untuk Timnas senior dalam pertandingan persahabatan melawan Afghanistan. 


6. Dicueki Shin Tae-yong

Sejak terakhir bermain di Piala Asia 2023, Elkan Baggott belum pernah lagi masuk skuad Timnas Indonesia. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengabaikannya karena marah dicueki sang pemain saat memanggilnya untuk masuk Timnas Indonesia U-23 jelang melawan Guinea U-23 pada playoff Olimpiade Paris 2024. 

Kini, setiap ditanya soal Elkan Baggott, Shin Tae-yong menunjukkan jawaban ketus, dan menyatakan belum berniat kembali memanggil sang pemain. 

Topik Menarik