Basuki Mau jadi Dosen Hidrogeologi usai Tak Lagi jadi PUPR

Basuki Mau jadi Dosen Hidrogeologi usai Tak Lagi jadi PUPR

Ekonomi | inews | Sabtu, 21 September 2024 - 14:22
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt Kepala OIKN, Basuki Hadimuljono mengungkapkan rencananya setelah lengser sebagai Menteri pada Oktober mendatang. Ia mengaku ingin menjadi seorang dosen.

Basuki bercita-cita untuk menjadi tenaga pengajar untuk salah satu mata pelajaran, yaitu ilmu hidrogeologi. Meski begitu, ia enggan untuk menceritakan lebih jauh soal lokasi sekolah yang akan dipilih.

"Jadi saya mau mengajar 1 pelajaran saja. Ilmu hidrogeologi," ujar Basuki saat ditemui usai acara Water Warriors Assemble: Indonesia Wave After The 10th World Water Forum di Kementerian PUPR, Sabtu (21/9/2024).

Hidrogeologi belajar apa ya? Klik halaman selanjutnya untuk membaca>>>

Hidrogeologi merupakan bagian dari hidrologi yang mempelajari penyebaran dan pergerakan air tanah dalam tanah dan batuan di kerak Bumi (umumnya dalam akuifer).

Namun, ketika ditanya terkait potensi-potensi ia diminta kembali sebagai birokrat setelah masa jabatannya berakhir pada bulan Oktober mendatang, ia enggan menjawabnya.

"Saya tidak ngerti itu (masih menjabat Plt. Kepala OIKN setelah periode Jokowi berakhir), jangan tanya saya," tutur Basuki.

Menurut Basuki masalah air harus menjadi perhatian bersama, baik dari unsur pemeringan, akademisi, hingga masyarakat karena menjadi hajat hidup orang banyak. Perubahan iklim yang terjadi ke depannya menjadi ancaman dan tantangan untuk penyediaan air.

Topik Menarik