Pembangunan Jalan Tol Baleno Rp2,76 Triliun Rampung, Kapan Diresmikan?

Pembangunan Jalan Tol Baleno Rp2,76 Triliun Rampung, Kapan Diresmikan?

Ekonomi | inews | Sabtu, 21 September 2024 - 11:46
share

MUARO JAMBI, iNews.id - Pembangunan jalan tol Bayung Lencir-Tempino (Baleno) Jambi seksi 3 rampung dikerjakan 100 persen. Lantas, kapan proyek yang nilainya diperkirakan Rp2,76 triliun tersebut diresmikan?

Menurut PPK Pembangunan Jalan Tol Baleno Seksi 3, Ahmad Arief Teguh Budiarto saat ini pihak pengelola masih melakukan uji layak fungsi jalan tol. Uji coba dilakukan melibatkan Kakorlantas dan Kemenhub dan interlal PU sendiri.

"Per tanggal 31 Agustus lalu sudah selesai 100 persen. Segala kontruksi dan pengerjaan di dalam sudah selesai," kata dia, Sabtu (21/9/2024).

Tak cuma itu, pekerjaan yang masih berlangsung sat ini adalah persiapan dari operator tol untuk pemasangan sensor-sensor, kabel-kabel dan CCTV, serta kabel optik.

"Untuk sampai dengan pengoperasian tahapannya masih panjang. Pihak Balai sudah bersurat kepada Dirjen, Menteri bahwa tol sudah selesai dan meminta uji layak fungsi," tutur dia.

"Dari pengujian tersebut akan keluar sertifikat layak operasi dan SK penetapan tarif dari Menteri. Baru kemudian tol Baleno bisa diresmikan," ucap Arief.

Untuk diketahui, Jalan Tol Baleno Seksi 3 sepanjang 15,47 kilometer ini teori jarak tempuh sekitar 300 sampai 350 kilometer. Jika menggunakan kecepatan rata-rata berkendara 100 kilometer per jam maka akan tercapai 3,5 jam perjalanan.

Kalau menggunakan rute jalan lama atau umum Jambi-Palembang bisa mencapai 7 hingga 8 jam. Berarti bisa memangkas waktu separuh perjalanan.

Namun, jika jalan tol mungkin tidak stabil 100 km perjam tapi ada istirahat dahulu atau nyantai capek bisa tembus 4 jam.

Topik Menarik