Ratu Denmark Margrethe II Dilarikan ke Rumah Sakit

Ratu Denmark Margrethe II Dilarikan ke Rumah Sakit

Terkini | inews | Jum'at, 20 September 2024 - 14:30
share

KOPENHAGEN, iNews.id - Ratu Denmark Margrethe II dilarikan ke rumah sakit setelah terjatuh di kediamannya, Kastil Fredensborg, Rabu (18/9/2024). Perempuan 84 tahun sempat mengejutkan Denmark karena memilih turun takhta pada awal tahun ini. 

Keluarga kerajaan Denmark menyatakan, Margrethe tidak mengalami luka serius akibat kejadian tersebut, namun tetap membutuhkan perawatan medis di rumah sakit Kopenhagen untuk menjalani observasi.

"Ratu dalam keadaan baik, tetapi dirawat untuk sementara waktu," kata kepala komunikasi kerajaan, Lene Balleby, dikutip dari Associated Press, Jumat (20/9/2024).

Raja Frederik X, putra sulung Margrethe, juga memastikan ibunya dalam kondisi baik. Dia telah berbicara kepada sang ibu seraya mengatakan dalam penanganan dokter yang tepat.

"Kami menjalaninya hari demi hari. Para dokterlah yang memutuskan," kata Frederik.

Akibat insiden itu Margrethe membatalkan beberapa acara publik, termasuk hari ini. Dia sedianya berpartisipasi dalam perayaan ulang tahun ke-75 Fakultas Arkeologi Universitas Aarhus. 

Margrethe merupakan lulusan jurusan arkeologi prasejarah Universitas Kopenhagen. Bahkan pada satu kesempatan Margrethe menyebut dirinya bukan ratu Denmark, melainkan arkeolog.

Ratu Margrethe mengejutkan publik pada Januari lalu karena mengundurkan diri sebagai pemimpin monarki Denmark. Itu merupakan kali pertama dalam hampir 900 tahun seorang raja atau ratu Denmark turun takhta semasa hidup.

Dia menjadi pemimpin monarki Denmark terlama yang berkuasa yakni 52 tahun.

Padahal dia sebelumnya selalu menegaskan tidak akan berhenti. Alasan utamanya mundur adalah masalah kesehatan. Dia menjalani operasi punggung ditambah beberapa penyakit yang membuatnya tidak leluasa lagi beraktivitas.

Topik Menarik