Puput Novel Sembunyikan Sakit Sebelum Meninggal, Hanya Mau Dikenang Lewat Karya 

Puput Novel Sembunyikan Sakit Sebelum Meninggal, Hanya Mau Dikenang Lewat Karya 

Gaya Hidup | inews | Senin, 9 September 2024 - 14:29
share

JAKARTA, iNews.id - Penyebab kematian Puput Novel adalah komplikasi kanker. Diagnosis kanker keluar pada 2021 dan dari sana komplikasi terjadi hingga artis lawas itu meninggal dunia pada Minggu (8/9/2024).

Banyak orang tak mengira kalau Puput Novel meninggal akibat sakit, terlebih komplikasi kanker. Sebab, di unggahan terakhirnya di Instagram, Puput tampak sehat-sehat saja.

Tapi, siapa sangka kalau di momen itu Puput sedang menahan sakit tubuhnya. Baginda Jaya, adik Puput Novel, menerangkan kalau kakaknya itu memang tak mau dilihat sebagai seseorang yang sakit.

"Beliau tidak mau mempublikasikan sakitnya," kata Baginda pada awak media saat ditemui langsung di TPU Sanjaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (9/9/2024).

Salah satu scene di video musik cover Puput Novel berjudul I`ll NeverLove Again yang dipopulerkan Lady Gaga. (Foto: Youtube)
Salah satu scene di video musik cover Puput Novel berjudul I`ll NeverLove Again yang dipopulerkan Lady Gaga. (Foto: Youtube)

Baginda melanjutkan, kakaknya sangat tertutup dengan masalah kehidupan pribadi. Itu menjadi alasan almarhuma tidak mau mengumbar penyakitnya ke publik.

"Beliau hanya mau orang-orang tahu dirinya dari karya saja," ungkap Baginda.

Kronologi kematian Puput Novel

Baginda di kesempatan itu pun memaparkan kronologi kematian Puput Novel. Jadi, kakaknya mulai sakit kanker itu 2021. Lalu, di 2022-2023 sempat membaik, makanya Puput bisa berkarya di dunia musik lagi, bahkan menjadi politisi.

"Puput Novel sudah sakit sejak 2021 terdiagnosis kanker payudara. Pengobatan medis diambil segera dan membuahkan hasil, Puput sempat membaik di 2022-2023," kata Baginda.

Tapi, di Agustus 2024 kondisi kesehatan Puput memburuk. "Mendadak drop," ungkap Baginda.

Hal itu ternyata karena terjadi komplikasi penyakit di tubuh Puput yang semakin memburuk. Organ jantung, paru-paru, liver, dan jantung Puput sudah tidak sehat lagi. Terutama paru-paru.

Seminggu sebelum wafat, Puput bahkan tidak mau makan dan minum. Ini yang membuat keluarganya membawa kembali Puput ke rumah sakit, yaitu RS MMC Kuningan Jakarta.

Empat hari dirawat intensi, nyawa Puput tak terselamatkan. Artis dan penyanyi lawas itu meninggal dunia pada Minggu (8/9/2024) pukul 18.24 WIB.

Puput Novel dimakamkan di TPU Sanjaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Anaknya yang sekolah di Australia sampai harus pulang ke Jakarta untuk menuburkan ibunya.

Topik Menarik