Maskapai SAS Batalkan 34 Penerbangan di Norwegia Buntut Aksi Mogok Pilot dan Pramugari

Maskapai SAS Batalkan 34 Penerbangan di Norwegia Buntut Aksi Mogok Pilot dan Pramugari

Terkini | inews | Senin, 26 Agustus 2024 - 17:21
share

OSLO, iNews.id - Scandinavian Airlines (SAS) pada Senin (26/8/2024) membatalkan 34 penerbangannya di Norwegia. Keputusan itu menyusul aksi mogok awak kabin maskapai tersebut yang sedang berlangsung.

Lembaga penyiaran NRK melaporkan, penerbangan yang dibatalkan itu antara lain memiliki rute tujuan London (Inggris), Duesseldorf (Jerman), Dublin (Irlandia) dan kota-kota besar Norwegia seperti Bergen, Stavanger, dan Trondheim. Jumat (23/8/2024) lalu, pihak maskapai menyatakan bahwa aksi mogok para karyawannya hanya akan memengaruhi sejumlah kecil penerbangan.

Sementara serikat pekerja Norwegia, Fellesforbundet mengatakan, pihaknya memperkirakan setidaknya 115 anggota awak SAS akan terus melakukan aksi mogok sebagai protes terhadap pemotongan gaji, lembur yang tidak dibayar. Tak hanya itu, mereka juga memprotes kurangnya waktu istirahat makan siang dan hari libur yang terbatas.

SAS adalah maskapai penerbangan terkemuka di Eropa Utara dengan pusat transportasi utama di Kopenhagen (Denmark), Oslo (Norwegia), dan Stockholm (Swedia). Pada 2023, revenue perusahaan itu mencapai 42 miliar krona Swedia atau hampir Rp63,6 triliun.

Topik Menarik