Keren! 2 Mahasiswa Anak Petani dan Sopir Jadi Wisudawan Terbaik UPN Veteran Yogyakarta

Keren! 2 Mahasiswa Anak Petani dan Sopir Jadi Wisudawan Terbaik UPN Veteran Yogyakarta

Terkini | inews | Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:27
share

YOGYAKARTA, iNews.id - Kisah inspiratif datang dari Nahdiyah dan Mashari Saputra, mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta (UPNYK). Keduanya menjadi wisudawan terbaik yang meraih Karya Cendekia periode IV Tahun Ajaran 2023/2024.

Nahdiyah merupakan mahasiswa dari Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik UPN Veteran Yogyakarta. Dia berasal dari keluarga petani dan menjadi penerima KIP Kuliah, program bantuan biaya pendidikan untuk mahasiswa dari keluarga kurang mampu.

Tidak hanya berprestasi di lingkungan kampus, Nahdiyah juga menjadi salah satu peserta istimewa dalam Program Seameo Tvet Virtual Student Exchange Program 2022 antara UPN Veteran Yogyakarta dengan Technological Institute of The Philippines.

Nahdiyah menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak baik orang tua, rekan dan khususnya dosen pembimbing kuliah.

Terimakasih atas bimbingannya Pak Herry Sofyan selaku pembimbing pertama dan Dr Herlina Jayadianti sebagai pembimbing kedua, berkat bimbingan kalian saya dapat selesai kuliah 3 tahun 9 bulan, ujar Nahdiyah lulusan terbaik UPNYK yang berasal dari MAN 3 Cirebon dikutip dari laman UPNYK, Sabtu (27/7/2024).

Anak ketiga dari empat bersaudara pasangan Kusen dan Ida Wakhidah ini berpesan apabila latar belakang keluarga bukanlah penghalang untuk meraih prestasi.

Tantangan ekonomi jangan gunakan sebagai alasan untuk kendor melanjutkan kuliah, tetap semangat, keberhasilan membuktikan latar belakang tidak menjadi hambatan untuk meraih impian, kata Nahdiyah.

Tak hanya Nahdiyah yang mencuri perhatian, Mashari Saputra dari Program Studi Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) juga menjadi lulusan terbaik UPNYK. Dia merupakan seorang anak sopir.

Mahasiswa asal Bali itu berhasil lulus dengan nilai IPK 3.7 dengan masa studi 3 tahun 8 bulan. Mashari selama kuliah sempat tinggal di masjid dan menjadi seorang Takmir Masjid. Sebelum lulus kuliah, mahasiswa itu sudah bekerja dan dipercaya memegang 87 toko di PT Lancar Wiguna Sejahtera.

Rektor UPNYK Prof Dr Muhamad Irhas Effendi menyampaikan, universitasnya menggelar upacara wisuda periode ke-IV Tahun Akademik 2023/2024 diikuti 872 wisudawan dari Program Diploma, Sarjana dan Pascasarja.

Saya ucapkan selamat kepada para wisudawan/wisudawati dan para orang tua/wali beserta keluarga, atas keberhasilan menyelesaikan studi di UPN Veteran Yogyakarta. Semoga ilmu pengetahuan, teknologi, pengalaman, dan keterampilan yang diperoleh, serta gelar akademik yang disandang, bermanfaat bagi para wisudawan, keluarga, bangsa dan negara," kata Rektor.

Topik Menarik