Erdogan Bakal ke Jerman, Nonton Langsung Laga Piala Eropa Turki Vs Belanda

Erdogan Bakal ke Jerman, Nonton Langsung Laga Piala Eropa Turki Vs Belanda

Berita Utama | inews | Jum'at, 5 Juli 2024 - 04:00
share

ANKARA, iNews.id – Presiden Recep Tayyip Erdogan akan menghadiri pertandingan perempat final Turki di ajang Piala Eropa (Euro 2024) di Jerman pada akhir pekan ini. Kabar tersebut diungkapkan oleh media lokal Turki, hari ini.

Rencana lawatan Erdogan ke negeri panser itu muncul di tengah perselisihan diplomatik kedua negara yang disebabkan oleh penyelidikan terhadap salah satu pemain sepak bola Turki atas kasus dugaan rasialisme.

Erdogan bahkan membatalkan rencana kunjungannya ke Azerbaijan demi melakukan perjalanan ke Jerman. Dia akan menonton laga antara Turki dan Belanda di sana, Sabtu (6/7/2024), menurut saluran berita NTV.

Badan sepak bola Eropa, UEFA, meluncurkan penyelidikan terhadap bek tengah Turki, Merih Demiral, atas dugaan perilaku tidak pantasnya minggu ini karena melakukan salam hormat nasionalis di akhir pertandingan melawan Austria, Selasa (2/7/2024) waktu Jerman atau Rabu (3/7/2024) WIB.

Sikap Demiral itu memicu kecaman dari Jerman. Turki pun telah memanggil dubes Jerman atas insiden tersebut. AFP pada hari ini melaporkan bahwa Jerman juga melakukan hal yang sama terhadap dubes Turki di Berlin.

Gerakan tangan Demiral, yang dikenal sebagai salam hormat serigala, dikaitkan dengan kelompok ultranasionalis sayap kanan di Eropa dan dilarang di beberapa negara seperti Austria. Akan tetapi, kelompok itu tidak dilarang di Jerman. Sementara di dalam negeri Turki, salam itu menjadi simbol politik yang digunakan oleh para anggota dan pendukung Partai Gerakan Nasionalis (MHP) Turki yang bersekutu dengan Erdogan.

Keputusan sang presiden untuk menonton pertandingan di Jerman dapat dilihat sebagai pesan politik bahwa Turki tidak akan menoleransi tindakan apa pun yang dilakukan UEFA atau otoritas Jerman untuk menghukum pemainnya. Beberapa anggota aliansi pemerintah yang berkuasa di Ankara dan banyak masyarakat Turki telah mengunggah pesan solidaritas mereka terhadap Demiral di akun media sosial, menyusul pengumuman diluncurkannya penyelidikan UEFA.

Turki mengalahkan Austria 2-1 berkat gol-gol cemerlang Demiral pada pertandingan babak 16 besar Piala Eropa 2024 di Leipzig. Selanjutnya, tim kuda hitam itu akan bermain melawan skuad Belanda untuk memperebutkan tempat di semifinal.

Topik Menarik