Penjualan Masih Kecil, Motor Listrik Belum Masuk Balai Lelang

Penjualan Masih Kecil, Motor Listrik Belum Masuk Balai Lelang

Otomotif | inews | Kamis, 4 Juli 2024 - 18:01
share

JAKARTA, iNews.id - Populasi motor listrik belum mengalami peningkatan signifikan karena masih banyak masyarakat yang ragu beralih. Ini membuat pasar kendaraan bekas motor listrik masih sulit ditemui. Bahkan balai lelang sangat jarang menerima unit kendaraan listrik.

Balai lelang PT JBA Indonesia mengungkapkan hingga saat ini baru ada dua unit kendaraan listrik yang sudah mereka lelang. Namun, peminatnya tidak banyak. Ini bisa terlihat dari penawaran atau bid yang dilakukan saat proses lelang.

Sales Operation PT JBA Indonesia Tan Hung Pau mengatakan untuk kendaraan listrik ada mobil  Wuling Air ev dari tipe Short Range dan Long Range yang pernah masuk ke balai lelang. Setelah itu, belum ada lagi unit yang diterima. Sementara untuk motor belum ada.

"Motor listrik belum ada (yang masuk), tapi mobil sudah ada. Mobil listrik pun yang sudah lumrah itu satu, dua unit saja, ada Air ev yang Short Range dan Long Range," kata Tan saat ditemui di JBA Cabang Jakarta Raya, Rabu (3/7/2024).

Tan mengungkapkan mobil listrik tersebut masih terjual dengan harga cukup tinggi. Saat itu mobil tersebut dibuka dengan harga dasar di angka Rp210 juta untuk tipe Short Range, dan Rp215 juta untuk model Long Range.

Minimnya peminat kendaraan listrik disebabkan belum terbentuknya ekosistem konsumen di masyarakat. Selain itu, para peserta lelang melihat dari nilai jual dari mobil tersebut sebelum memutuskan untuk meminangnya.

"Mereka masih bertanya-tanya kenapa sih mobil listrik ini dijual. Mereka tahunya cuma bermasalah, karena memang kebanyakan pembeli kami adalah untuk dijual lagi," ucapnya.

"Kami dapat unit, langsung kami check list mulai dari kondisi akinya, bodi, dan beberapa bagian lainnya. Kami pakai sistem gadget, di sana ada poin-poin yang harus dicentang, itu dirangkum untuk menilai dari penilaian manusia," kata Tan.

"Jadi penerimaan dilakukan di tempat khusus, diinspeksi, dan kami cuci. Jadi sampai sini (pool) sudah bersih," ujar Tan.

Topik Menarik