Bajaj Luncurkan Motor Bisa Isi Bensin dan Gas, Isi Full Tank Tembus 330 Km

Bajaj Luncurkan Motor Bisa Isi Bensin dan Gas, Isi Full Tank Tembus 330 Km

Otomotif | inews | Minggu, 7 Juli 2024 - 07:12
share

NEW DELHI, iNews.id - Bajaj Auto meluncurkan motor dengan platform Compressed Natural Gas (CNG) pertama di dunia. Artinya, motor ini bisa menenggak bensin dan gas sebagai bahan bakar.

Dilansir dari Rushlane , Minggu (7/7/2024), motor ini dirancang untuk mengubah pasar sepeda motor di India. Terobosan baru tersebut diyakini dapat menghemat biaya bahan bakar hingga 50 persen.

Secara desain, motor satu ini hadir dengan kombinasi scrambler dan motorcros. Tampilannya berbeda dengan yang dijual di India memiliki jok lebar dan tangki besar, ini lebih ramping dan sporty.

Bajaj Freedom dibekali suspensi teleskopik pada bagian depan dan monoshock di bagian belakang. Sementara kaki-kakinya dibekali velg ring 17 inci. Sistem pencahayaan sudah menggunakan LED, dan tak ketinggalan pelindung roda belakang.

Motor ini juga dilengkapi dengan fitur kekinian, seperti konektivitas bluetooth, hingga layar digital yang memberikan beragam informasi. Soal kekuatan, Bajaj Freedom dibekali rangka kekar untuk memastikan kestabilan saat berkendara.

Untuk performa, Bajaj Freedom ditenagai mesin berkapasitas 125 cc berpendingin udara, yang dapat menghasilkan tenaga 9,3 hp dan torsi puncak 9,7 Nm. Tenaga disalurkan melalui transmisi manual kopling 5-percepatan.

Rangka CNG yang terletak di bawah jok dapat menampung gas sebanyak 2 kilogram (kg). Sementara tangki bensin mampu menampung 2 liter. Perpaduan ini dapat membuat Bajaj Freedom melaju sejauh 330 km.

Seperti diketahui, CNG rupakan gas alam yang dikompresi dan disimpan di dalam tangki. Ketika dipakai berkendara, gas tersebut dimasukkan ke dalam mesin yang nantinya bercampur dengan udara.

Cara kerjanya tak berbeda dengan mesin pembakaran internal tenaga bensin. CNG justru lebih ramah lingkungan karena menghasilkan lebih sedikit emisi, serta memperpanjang usia mesin.

Soal harga, Bajaj Freedom dijual di India 95.000 rupee atau sekitar Rp18,4 jutaan. Motor ini memiliki lima varian warna tangki, yakni Pewter Grey, Ebony Black, Racing Red, Cyber White dan Caribbean Blue.

Topik Menarik