Benarkah Mata Kuning Gejala Awal Hepatitis? Begini Penjalasan Dokter Ahli

Benarkah Mata Kuning Gejala Awal Hepatitis? Begini Penjalasan Dokter Ahli

Gaya Hidup | inews | Kamis, 4 Juli 2024 - 14:02
share

JAKARTA, iNews.id - Hepatitis merupakan suatu penyakit radang pada organ hati manusia yang dapat disebabkan banyak faktor. Salah satu yang terbanyak adalah infeksi virus.

Virus yang dapat menyebabkan hepatitis terdiri dari virus hepatitis A (HAV), virus hepatitis B (HBV), virus hepatitis C (HCV), virus hepatitis D (HDV) dan virus hepatitis E (HEV).

Banyak orang yang menganggap salah satu gejala awal dari penyakit hepatitis pada anak adalah kuning. Padahal, ketika mengidap hepatitis tidak selalu gejalanya tubuh dan mata menjadi kuning 

Dokter spesialis konsultan gastrohepatologi anak, dr Ade Rachmat Yudianto MKedPed Sp.A(K) mengatakan, anak yang mengalami hepatitis bisa saja tanpa gejala mata kuning. 

"Parameter hepatitis bukan mata kuning, [kulit kuning]. Karena ini radang sel hati, ada enzim yang diperiksa namanya enzim ALT (Alanine aminotransferase). Kalau nilainya lebih dari dua kali lipat nilai normal maka itu hepatitis," ujar Ade dalam webinar bersama IDAI, baru-baru ini. 

Dokter Ade menjelaskan gejala awal penyakit hepatitis pada anak cenderung mirip gejala flu. Ini karena penyebab utamanya adalah virus. 

“Khususnya hepatitis akibat virus cenderung mirip gejala flu. Hepatitis akibat virus atau hepatitis hepatotropik paling umum hepatitis A, B, C, D, dan E,” katanya. 

Lebih lanjut, dr Ade menjelaskan gejala awal lain pada anak bisa berupa mual, muntah, sakit perut, dan demam. Biasanya demam terjadi tidak sampai 5 hari. Diawali demam dengan suhu tidak terlalu tinggi lalu bisa ada peningkatan suhu.

"Kalau hepatitis akibat infeksi virus, suhu naik turun cepat. Bisa demam tinggi banget, lalu turun cepat," ujarnya.

Bila mendapati kondisi anak seperti ini, dr Ade menyarankan orang tua harus curiga dan segera membawa ke rumah sakit agar mendapat penanganan medis.

“Gejala paling umum berupa mual dan muntah, kemudian sakit perut. Tubuh gerasa ngilu dan mata bengkak,” katanya.

Topik Menarik