BRIN Gandeng NGO Bicara Udara untuk Atasi Masalah Polusi Udara di RI

BRIN Gandeng NGO Bicara Udara untuk Atasi Masalah Polusi Udara di RI

Ekonomi | inews | Sabtu, 6 Juli 2024 - 13:01
share

JAKARTA, iNews.id - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan dengan organisasi non-profit atau NGO Bicara Udara resmi menyepakati kerja sama strategis untuk menangani polusi udara di Tanah Air. Kolaborasi ini ditandai dengan Penandatanganan MoU pada Jumat (5/07/2024).

Menurut Sekretaris Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN, Lindawati Wardani pihaknya dan Bicara Udara akan menyusun strategi pengendalian kualitas udara yang efektif. Strategi itu didasarkan pada identifikasi sumber utama polusi udara serta hasil riset dan inovasi.

Nantinya, kesua entitas akan melakukan advokasi terhadap analisis data yang menjadi kontribusi sumber polusi, kebijakan, dan penelitian sehubungan dengan kualitas udara.

Serta pendekatan dan praktek terbaik di negara dan negara lain sehubungan dengan penanganan polusi udara, tutur Lindawati Wardani melalui keterangan pers, Jumat (5/7/2024).

Dia memastikan, kolaborasi berbasis riset dan inovasi, serta mensinergikan sumber daya dan kompetensi yang dimiliki baik dari pihaknya maupun dari masyarakat melalui Bicara Udara.

"Kami sangat berharap dengan adanya kerjasamanya ini bisa mendorong pengembangan dan pemanfaatan hasil riset inovasi utamanya untuk penanganan polusi Udara sehingga kualitas Udara bersih dan dapat dikendalikan dengan baik," kata dia.

Senada dengan itu, Co-Founder Bicara Udara, Novita Natalia mengatakan, kerja sama bertujuan untuk mendukung kegiatan penelitian, pengembangan, pengkajian, penerapan, serta invensi dan inovasi di bidang penanganan polusi udara.

Melalui MoU, Bicara Udara dan BRIN berupaya mengidentifikasi sumber utama polusi udara dan mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya kualitas udara yang bersih.

Salah satu tahapan pertama yang dilakukan oleh Tiongkok dalam penanganan polusi udara adalah melakukan identifikasi sumber utama polusi udara, menggunakan data sebagai basis pengambilan kebijakan. Harapannya, kolaborasi dengan BRIN dapat mendorong pemerintah dalam penggunaan data untuk kebijakan udara bersih, ucapnya.

Melalui kerja sama itu diharapkan dapat memberi kontribusi pada penanganan polusi udara di Indonesia, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan udara yang lebih bersih dan sehat.

Bicara Udara, akan menjadi mitra strategis BRIN dalam menjalankan penelitian Identifikasi Sumber Utama Polusi Udara. Penelitian akan menjadi dasar bagi pemerintah dalam merumuskan kebijakan pengendalian polusi udara yang berbasis data.

Topik Menarik