Berstatus VVIP, Bandara IKN Tak Akan Punya Kode

Berstatus VVIP, Bandara IKN Tak Akan Punya Kode

Ekonomi | inews | Selasa, 2 Juli 2024 - 12:22
share

JAKARTA, iNews.id - Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Capt. Sigit Hani Hadiyanto mengatakan bahwa bandara di Ibu Kota Nusantara (IKN) atau Nusantara Airport tidak akan memiliki kode khusus. Saat ini, bandara berstatus VVIP.

Menurut Sigit  penyandangan status VVIP pada Bandara IKN ini untuk mendukung kegiatan VVIP bagi para pejabat dan tamu negara yang hendak berkunjung ke proyek IKN. Tujuannya untuk memangkas waktu tempuh untuk sampai ke lokasi terdekat proyek ibu kota baru tersebut.

"Terus ke depannya bandara VVIP tentunya dengan plan akan dilanjutkan optimistis di 2024 akhir. Yang jelas, saat ini sudah ada Perpres yang mengatur bandara tersebut, bandaranya statusnya adalah bandara VVIP," kata Sigit saat ditemui pada acara 'Indonesia Aero Summit 2024' di Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Lebih lanjut, Sigit mengatakan Nusantara Airport yang ditargetkan beroperasi fungsional mulai Agustus mendatang dan tidak menjadi bandara komersial. Maka dari itu, bandara tidak memerlukan kode, seperti bandara-bandara lain yang beroperasi.

"Kalau untuk kode dari IATA, mungkin yang perlu jadi concern disini adalah ini bandarnya adalah bandara khusus, bukan bandara komersial," ucap dia.

Pada kesempatan yang berbeda, menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) siap beroperasi mulai 1 Agustus 2024 mendatang. Progres pekerjaan fisik Bandara IKN sampai dengan awal Juni lalu telah mencakup beberapa aspek, di antaranya: pekerjaan baja, instalasi pipa plumbing, atap, dinding, dan elektrikal di Terminal VVIP; pekerjaan kolom, instalasi pipa plumbing, dan rangka baja di Terminal VIP; pekerjaan struktur atas lantai 1-4 Gedung ATC; pekerjaan pilecap dan instalasi plumbing Gedung Administrasi dan Operasional; pekerjaan minipile dan pipa plumbing di Gedung PK-PPK; serta pekerjaan struktur atas gedung substation.

"Insya Allah, Juli kita uji coba dan siap dioperasikan untuk memperingati Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus nanti," kata Menhub melalui keterangan resmi dikutip (4/6).

Topik Menarik