Wapres Terima Kunjungan Pejabat Azerbaijan, Bahas Upaya Peningkatan Pelayanan Publik

Wapres Terima Kunjungan Pejabat Azerbaijan, Bahas Upaya Peningkatan Pelayanan Publik

Terkini | inews | Senin, 1 Juli 2024 - 13:29
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin bertemu Head of State Agency for Public Service and Social Innovations (SAPESSI) Azerbaijan, Ulvi Mehdiyev di Istana Wapres, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2024). Pertemuan itu membahas upaya peningkatan pelayanan publik kelas dunia.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Anas yang mendampingi Ma'ruf Amin dalam pertemuan itu mengungkapkan, pengintegrasian pelayanan publik di Azerbaijan telah diakui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

“Hari ini kita bertemu Mr Ulvi Mehdiyev, beliau ini adalah pejabat yang setingkat menteri yang menangani pelayanan publik. Jadi Azerbaijan ini adalah yang dapat pengakuan di PBB yang mengintegrasikan layanan di satu mal,” kata Azwar usai pertemuan.

“Bahkan dia (Azerbaijan) punya bus yang keliling melayani publik di berbagai tempat. Di bus itu mulai dari foto dan langsung dicetak di tempat itu, sehingga jemput bolanya memang luar biasa,” ujar Azwar.

Sementara itu, Azwar mengatakan Indonesia sudah bekerja sama dengan Azerbaijan untuk peningkatan pelayanan publik.

“Jadi MoU ini sejak tahun 2017 dan baru saja kita perbarui MoU dengan Azerbaijan. Azerbaijan punya karakteristik yang hampir sama (dengan Indonesia). Negaranya Muslim dan pelayanannya luar biasa bagus,” kata dia.

“Lebih dari 200 pelayanan di dalam satu tempat itu dan sekarang mereka terus menjalankan," ujarnya.

Menurut dia, pelayanan publik Azerbaijan telah direplikasi di Banyuwangi semasa dirinya menjabat bupati pada 2014 lalu.

“Sejak kami jadi bupati 2014 kami telah datang ke Azerbaijan, dan kami replikasi di Banyuwangi dan sekarang pemerintah mereplikasi berbagai layanan, meskipun mal pelayanan publik sekarang bergerak ke satu level lagi ada mal pelayanan publik digital. Jadi sebagian mulai berbasis digital,” kata dia.

Topik Menarik