Mantul! IKN Bakal jadi Ibu Kota Pertama di Dunia yang Pakai 100 Persen Energi Terbarukan

Mantul! IKN Bakal jadi Ibu Kota Pertama di Dunia yang Pakai 100 Persen Energi Terbarukan

Ekonomi | inews | Minggu, 30 Juni 2024 - 22:02
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) akan menjadi kota pertama di Indonesia dan dunia yang 100 persen menggunakan energi baru dan terbarukan (EBT). Hal itu disampaikan saat meninjau proyek di di IKN.

“Ini akan menjadi kota pertama di Indonesia atau bahkan di dunia yang 100 persen menggunakan energi baru terbarukan,” kata Erick melalui akun Instagramnya, dikutip Minggu (30/6/2024).

Sebagai Ibu Kota, IKN dibangun dan mengedepankan prinsip-prinsip ramah lingkungan. Hal itu sekaligus mengurangi didominasi pembangkit listrik yang berasal dari energi fosil dan menjadi energi primer di Indonesia saat ini.

Di sektor kelistrikan di IKN, PT PLN (Persero) memproduksi 10 megawatt yang bersumber dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Bahkan, perseroan terus meningkatkan kapasitasnya hingga mencapai 50 megawatt.

Erick menilai, sumber energi ini menjadi awal dari implementasi EBT di IKN, termasuk sebagai antitesis atas asumsi pesimistis yang mengatakan IKN sulit memakai energi surya yang ramah lingkungan.

“Banyak yang pesimistis energi listrik di IKN bisa menggunakan energi surya yang ramah lingkungan,” paparnya. 

“Hari ini terbukti, PLN sudah mampu memproduksi 10 megawatt dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). PLN masih akan terus meningkatkan kapasitasnya hingga mencapai 50 megawatt untuk kebutuhan energi hijau di IKN,” lanjut dia. 

Pemerintah sebelumnya menegaskan bahwa pembangunan PLTS sebagai implementasi prinsip pembangunan Nusantara menuju kota nol emisi karbon. Pengembangan PLTS Ibu Kota Nusantara menjadi bagian tidak terpisahkan dari prinsip IKN sebagai kota hijau, cerdas dan berkelanjutan.

Topik Menarik