Didominasi Mobil Hybrid, Penjualan Suzuki Mei 2024 Naik 21 Persen

Didominasi Mobil Hybrid, Penjualan Suzuki Mei 2024 Naik 21 Persen

Otomotif | inews | Jum'at, 28 Juni 2024 - 16:17
share

JAKARTA, iNews.id - Persaingan otomotif di Indonesia semakin ketat dengan hadirnya banyak merek dan model baru. Di tengah dinamika pasar yang semakin kompetitif, Suzuki mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 22 persen pada Mei 2024.

Raihan ini dikontribusi tiga model mobil hybrid, yaitu XL7 Hybrid, All New Ertiga, dan Baleno. Model mobil hybrid mendominasi penjualan Suzuki sebesar 43 persen dari total penjualan kendaraan penumpang (passenger car) pada Mei 2024. 

Dept Head of 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Menurut Randy R Murdoko mengatakan persaingan pasar yang sehat dan kompetitif memacu Suzuki menyesuaikan strategi penjualan sesuai dengan kebutuhan konsumen. 

“Tentu kami bangga dengan torehan penjualan pada Mei 2024 yang kian meningkat. Pasar otomotif kini semakin menarik. Dengan semakin maraknya pemain di industri ini, Suzuki Indonesia makin tertantang untuk menyesuaikan strategi penjualan dan pelayanan sehingga dapat terus menjaga kepuasan maksimal konsumen,” ujar Randy di Jakarta, Jumat (28/6/2024).

Selain kendaraan penumpang, kendaraan kategori komersil memberikan angka positif sebesar 52 persen dari penjualan Suzuki secara keseluruhan.

Berdasarkan model yang terjual, XL7 memimpin penjualan mobil passenger dengan peningkatan sebesar 28 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Komposisi yang didominasi XL7 Hybrid sebesar 61 persen.

Selain itu, di kategori tiga row Medium SUV, XL7 mengalami peningkatan market share sebesar 6 persen. Penjualan All New Ertiga didominasi oleh varian hybrid sebesar 70 persen dari total penjualan All New Ertiga. Dari catatan penjualan Mei 2024, kendaraan hybrid terus menunjukkan eksistensinya dengan kontribusi sebesar 21 persen dari keseluruhan penjualan Suzuki Indonesia.

Setelah All New Ertiga, kontributor ketiga adalah Baleno yang mampu menorehkan peningkatan sebesar 57 persen dibandingkan penjualan bulan sebelumnya, serta memimpin market share tertinggi 65 persen di kategori sedan hatchback/

Kendaraan kategori penumpang lain yang mampu menarik perhatian konsumen adalah Grand Vitara, yang mengalami peningkatan retail sebesar 80 persen dibandingkan bulan sebelumnya. 

Selain kategori mobil penumpang, kendaraan komersial ringan Suzuki Carry juga mendominasi pada Mei 2024. Penjualan Carry tercatat naik 26 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Topik Menarik