Ditolak AS dan Eropa, Mobil Listrik China Berharap Banyak dengan Asia Tenggara

Ditolak AS dan Eropa, Mobil Listrik China Berharap Banyak dengan Asia Tenggara

Otomotif | sindonews | Minggu, 30 Juni 2024 - 21:11
share

Produsen kendaraan listrik (EV) China kini memperluas pasar mereka di kawasan Asia Tenggara setelah pasar di negara-negara Barat seperti Eropa dan Amerika Serikat memberlakukan tarif tinggi terhadap mereka.

BACA JUGA - Toyota dan Suzuki Bergabung Bikin Mobil EV Komersial

Produsen kendaraan listrik China kini siap melakukan penetrasi lebih jauh ke Asia Tenggara, yang nilai pasar mobilnya mendekati USD100 miliar.

Sebagian besar pengemudi di Asia Tenggara memiliki anggaran yang lebih rendah dan upaya menarik mereka pasti akan memicu perang harga di kalangan produsen mobil, kata para analis otomotif.

Pada bulan Mei, AS mengenakan tarif 100 persen pada kendaraan listrik yang diimpor dari China, pemimpin dunia dalam produksi dan penjualan kendaraan listrik.

Produsen kendaraan listrik China adalah perusahaan daratan terbaru yang memiliki akses terbatas ke pasar konsumen terbesar di dunia di tengah meluasnya perang dagang AS-China yang telah melibatkan industri mulai dari teknologi hingga panel surya.

Uni Eropa mengikutinya dengan mengenakan tarif hingga 38 persen mulai tanggal 4 Juli pada tiga produsen kendaraan listrik Tiongkok: SAIC, Geely, dan BYD.

Keputusan tersebut diambil setelah penyelidikan anti-persaingan menemukan bahwa produsen mobil tersebut mendapat keuntungan dari "subsidi yang tidak adil" dari Beijing.

Hal ini mengancam akan melemahkan sektor manufaktur kendaraan listrik di Eropa, di mana harga kendaraan termurah buatan lokal bisa tiga kali lipat harga model China.

Menghadapi semakin sempitnya peluang di pasar Barat, para produsen mobil China mengincar prospek pertumbuhan jangka panjang yang menjanjikan di Asia Tenggara.

Di Asia Tenggara, terdapat peningkatan jumlah kelas menengah yang mulai beralih ke kendaraan listrik.

“Sikap geopolitik Asia Tenggara yang relatif netral memberikan peluang bagi perusahaan-perusahaan asal Tiongkok untuk tumbuh,” Gary Ng, ekonom senior di Natixis Corporate and Investment Bank di Hong Kong, mengatakan kepada This Week in Asia.

“Tiongkok akan meningkatkan kehadiran kendaraan listriknya dari sudut pandang permintaan dan pasokan, yang berarti lebih banyak penjualan mobil dan produksi lokal,” kata Ng, seraya menambahkan bahwa Indonesia dan Thailand, dua negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara, akan menjadi target pertama bagi merek-merek China.

BYD, Xpeng, dan Geely menginvestasikan miliaran dolar ke Indonesia, Thailand, dan Malaysia, dengan tujuan meraih pangsa lebih besar di pasar kendaraan ramah lingkungan yang berkembang pesat.

Penjualan kendaraan listrik di Asia Tenggara diperkirakan akan mencapai antara USD80 miliar dan USD100 miliar pada tahun 2035, naik dari sekitar USD2 miliar pada tahun 2021, menurut laporan bulan Januari oleh EY-Parthenon, bagian dari konsultan strategi Ernst & Young.

“Dari jumlah tersebut, Indonesia diharapkan menjadi pasar terbesar di kawasan ini berdasarkan volume, dengan perkiraan penjualan sebesar 4,5 juta unit [dari total 8,5 juta unit pada tahun 2035],” kata laporan tersebut.

Penjualan kendaraan listrik global melonjak 18 persen pada kuartal pertama tahun 2024, didorong oleh permintaan di Tiongkok, pasar kendaraan listrik terbesar di dunia.

Namun penjualan di Tiongkok diperkirakan akan meningkat, sehingga meningkatkan kebutuhan para pembuat kendaraan listrik dalam negeri untuk lebih fokus pada pasar lain seperti Asia Tenggara.

Topik Menarik