Dukung Upaya Penanggulangan Tuberkulosis, PT Smelting Raih Penghargaan dari ADINKES

Dukung Upaya Penanggulangan Tuberkulosis, PT Smelting Raih Penghargaan dari ADINKES

Terkini | gresik.inews.id | Selasa, 24 September 2024 - 00:20
share

iNewsGresik.id - PT Smelting kembali menerima apresiasi, kali ini dari Asosiasi Dinas Kesehatan (ADINKES). Penghargaan tersebut diberikan kepada perusahaan pemurnian tembaga asal Gresik ini sebagai pengakuan atas upayanya dalam menanggulangi penyakit tuberkulosis (TB).

Penghargaan tersebut diserahkan kepada PT Smelting atas dukungannya terhadap program penanggulangan AIDS-Tuberculosis-Malaria (ATM) Tahun 2024. Senior Staf General Affairs PT Smelting, Rachmayani, menerima penghargaan ini di sela-sela Pertemuan Nasional ADINKES yang berlangsung dari 17 hingga 20 September di Hotel Beston, Palembang.

Manager General Affairs PT Smelting, Indra SW Junor, menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan pengakuan atas langkah PT Smelting dalam berkontribusi untuk kesehatan masyarakat, khususnya di Kabupaten Gresik.

“PT Smelting mendukung pemberantasan dan eliminasi tuberkulosis bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik dan Human Initiative. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus melaksanakan program CSR dalam penanggulangan TB,” ungkapnya.

Indra menambahkan bahwa kegiatan CSR PT Smelting bertujuan memberikan dukungan kepada penderita TB di Gresik melalui pendampingan dan bantuan nutrisi. Program ini telah berjalan sejak 2019 dan kini memasuki tahun kelima, yang melibatkan sepuluh puskesmas.

PT Smelting juga menyediakan bantuan lain, termasuk program usaha produktif bagi pasien TB, renovasi rumah untuk mendukung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta beasiswa untuk anak-anak penderita TB.

Sejak kerja sama dimulai, PT Smelting dan Human Initiative telah mendampingi 730 pasien TB, yang berkontribusi pada peningkatan jumlah penderita baru yang terdeteksi hingga 2.200 orang.

“Pendampingan ini membantu banyak pasien yang sebelumnya takut atau malu untuk berobat. Semakin cepat terdeteksi, semakin cepat penanganan dapat dilakukan,” tambah Indra.

Di tahun 2024, PT Smelting menargetkan untuk menangani 250 pasien TB dengan fokus pada kesehatan dan aspek ekonomi mereka. Komitmen ini diharapkan dapat memotivasi perusahaan lain di Gresik untuk turut berpartisipasi dalam upaya eliminasi TB pada tahun 2030.

Selain PT Smelting, penghargaan ini juga diberikan kepada lebih dari 20 perusahaan dan lebih dari 50 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Pertemuan Nasional ADINKES dihadiri oleh lebih dari 1.000 peserta, dengan tujuan memberikan apresiasi kepada perusahaan dan pemerintah atas dukungan dalam penanggulangan ATM.

Topik Menarik