Pangeran Hisahito Jadi Anggota Kekaisaran Pria Pertama yang Capai Usia 18 Tahun

Pangeran Hisahito Jadi Anggota Kekaisaran Pria Pertama yang Capai Usia 18 Tahun

Global | sindonews | Sabtu, 7 September 2024 - 19:10
share

Dalam tonggak sejarah besar bagi keluarga kerajaanJepang, Pangeran Hisahito berusia 18 tahun pada Jumat, menjadi anggota keluarga kerajaan pria pertama yang mencapai usia dewasa dalam hampir empat dekade.

Ini adalah perkembangan yang signifikan bagi keluarga yang telah memerintah selama lebih dari satu milenium tetapi menghadapi masalah eksistensial yang sama seperti seluruh negara — populasi yang menua dengan cepat dan menyusut.

Melansir AP, Hisahito, yang akan menjadi kaisar suatu hari nanti, adalah keponakan Kaisar Jepang Naruhito. Ayahnya, Putra Mahkota Akishino, adalah pria terakhir yang mencapai usia dewasa dalam keluarga tersebut, pada tahun 1985.

Hisahito adalah yang termuda dari 17 anggota keluarga kekaisaran yang semuanya dewasa, yang saat ini hanya memiliki empat pria.

Statusnya sebagai pewaris terakhir menimbulkan masalah besar bagi sistem yang tidak memperbolehkan permaisuri. Pemerintah sedang memperdebatkan cara menjaga suksesi tetap stabil tanpa bergantung pada perempuan.

Baca Juga: Ini yang Bikin Kereta Jepang Lebih Kencang dari Buatan Eropa dan China

Undang-Undang Rumah Tangga Kekaisaran 1947, yang sebagian besar mempertahankan nilai-nilai keluarga pra-perang yang konservatif, hanya mengizinkan seorang laki-laki untuk naik takhta dan memaksa anggota kerajaan perempuan yang menikah dengan rakyat jelata untuk kehilangan status kerajaan mereka.

Sepupunya yang lebih tua, Putri Aiko, anak tunggal Naruhito dan istrinya Masako, seorang mantan diplomat lulusan Harvard, adalah favorit masyarakat umum sebagai calon permaisuri. Namun, undang-undang yang ada melarang Masako untuk mengambil alih peran tersebut meskipun ia berasal dari garis keturunan langsung.

Bagan suksesi bisa membingungkan: Naruhito adalah kaisar. Saudaranya, Akishino, berada di urutan kedua. Hisahito, putra Akishino, berada di urutan berikutnya.

Usulan sebelumnya untuk mengizinkan seorang permaisuri setelah kelahiran Aiko ditangguhkan segera setelah Hisahito lahir pada tahun 2006.

"Saat ini saya ingin menghargai waktu saya yang tersisa di sekolah menengah," kata Hisahito dalam sebuah pernyataan. Dia telah lama tertarik pada serangga dan bahkan ikut menulis makalah akademis tentang survei capung di tanah miliknya di Akasaka, Tokyo, kata pernyataan itu.

Panel ahli yang sebagian besar konservatif yang ditugaskan pemerintah pada Januari 2022 merekomendasikan agar pemerintah mengusulkan agar anggota perempuan tetap berstatus kerajaan setelah menikah sebagai cara untuk mencegah penurunan populasi dalam keluarga kekaisaran, sambil mengadopsi keturunan laki-laki dari keluarga kerajaan yang sekarang sudah tidak ada untuk melanjutkan garis keturunan laki-laki dengan kerabat jauh.

Para kritikus mengatakan tindakan tersebut akan memiliki efek terbatas selama suksesi khusus laki-laki dipertahankan karena hal itu dapat dilaksanakan sebagian besar dengan bantuan selir di era pra-modern.

Topik Menarik