Peneliti AS Ungkap Lokasi Peluncuran Rudal Bertenaga Nuklir Baru Rusia SSC-X-9 Skyfall, Miliki Jangkauan Tak Terbatas

Peneliti AS Ungkap Lokasi Peluncuran Rudal Bertenaga Nuklir Baru Rusia SSC-X-9 Skyfall, Miliki Jangkauan Tak Terbatas

Global | okezone | Selasa, 3 September 2024 - 13:29
share

NEW YORK - Dua peneliti Amerika Serikat (AS) telah mengidentifikasi kemungkinan lokasi penempatan rudal 9M370 Burevestnik.di Rusia . I ni merupakan rudal jelajah bertenaga nuklir baru yang disebut-sebut oleh Presiden Vladimir Putin sebagai rudal tak terkalahkan.

Putin mengatakan senjata yang dijuluki SSC-X-9 Skyfall oleh Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), memiliki jangkauan yang hampir tak terbatas dan dapat menghindari pertahanan rudal AS. Namun beberapa pakar Barat membantah klaimnya dan nilai strategis Burevestnik, dengan mengatakan itu tidak akan menambah kemampuan yang belum dimiliki Moskow dan berisiko menimbulkan kecelakaan yang memuntahkan radiasi.

Menggunakan gambar yang diambil pada 26 Juli oleh Planet Labs, sebuah perusahaan satelit komersial, kedua peneliti itu mengidentifikasi sebuah proyek konstruksi yang berbatasan dengan fasilitas penyimpanan hulu ledak nuklir yang dikenal dengan dua nama, yakni Vologda-20 dan Chebsara, sebagai lokasi potensial penempatan rudal baru itu. Fasilitas itu berjarak 295 mil (475 km) di utara Moskow.

Decker Eveleth, seorang analis dari organisasi penelitian dan analisis CNA, menemukan citra satelit dan mengidentifikasi apa yang dinilainya sebagai sembilan landasan peluncuran horizontal yang sedang dibangun.

Landasan ini ditempatkan dalam tiga kelompok di dalam tanggul tinggi untuk melindungi dari serangan atau untuk mencegah ledakan yang tidak disengaja di salah satu tanggul yang meledakkan rudal di tanggul lainnya.

Tanggul tersebut dihubungkan oleh jalan ke apa yang disimpulkan Eveleth sebagai bangunan tempat rudal dan komponennya akan diperbaiki, dan ke kompleks lima bunker penyimpanan hulu ledak nuklir yang ada.

Lokasi tersebut untuk sistem rudal besar dan tetap dan satu-satunya sistem rudal besar dan tetap yang saat ini mereka (Rusia) kembangkan adalah Skyfall," kata Eveleth.

Kementerian pertahanan Rusia dan kedutaan besar Washington tidak menanggapi permintaan untuk mengomentari penilaiannya, nilai strategis Burevestnik, catatan pengujiannya, dan risiko yang ditimbulkannya.

Seorang juru bicara Kremlin mengatakan ini adalah pertanyaan untuk kementerian pertahanan dan menolak berkomentar lebih lanjut.

Departemen Luar Negeri AS, CIA, Kantor Direktur Intelijen Nasional, dan Pusat Intelijen Udara dan Antariksa Nasional Angkatan Udara AS menolak berkomentar.

Topik Menarik